JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kabupaten Waropen membangun stadion mini atau sarana dan prasarana olahraga mendukung pengembangan olahraga di wilayah yang dijuluki kota bakau itu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Waropen, Carolino Ivakdalam mengatakan, stadion mini tersebut rencananya akan dibangun tahun ini.

“Pembangunan stadion mini ini merupakan keinginan pemerintah maupun masyarakat agar bisa memiliki sarana olahraga,” jelasnya.

Kadis Ivakdalam menjelaskan, stadion mini yang akan kita bangun nantinya dilengkapi dengan lintasa lari. Sehingga cabang olahraga
atletik juga bisa berlatih.

“Kita bangun untuk sepak bola, tapi cabor lain juga bisa berlatih,” ujarnya.

Ditanya terkait dengan tempat yang akan dibangun stadion Carolino mengakui, untuk lokasi atau tempat yang akan di bangun stadion mini
masih dalam pembahasan. Bahkan, ada empat lokasi, dua sudah dilepas oleh masyarakat lewat surat pelepasan hak ulayat dan dua lagi masih dalam proses.

Carolino menambahkan, bulan depan pihaknya sudah mulai melakukan studi kelayakan yang namanya Masterplan. Setelah masterplan kita siapkan untuk pembangunan.

“Dana yang kita gunakan juga masih tetap menggunakan APBD, nanti untuk tahun 2019, puji Tuhan kita mendapatkan dana Alokasi Khusus (DAK), bukan saja kami Kabupaten Waropen, tapi ada beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Papua dan itu berupa pembangunan Gedung Olahraga (GOR),” terangnya.

Hanya saja, untuk pembangunan GOR ini masih harus bahas lagi dengan Pemerintah Pusat.

“Untuk pembangunan GOR kita mungkin gunakan DAK. Karena kita masih punya satu genda besar, kita Waropen ditetapkan sebagai tuan rumah Sidang Sinode GKI di Tanah Papua. Sehingga kita harapkan dari pembangunan GOR ini kita bisa pakai untuk pembukaan dan penutupan Sidang Sinode GKI di Kabupaten Waropen,” tandasnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY