JAYAPURA (PT) – Piala Indonesia kali ini diikuti oleh 128 tim yang terdiri dari Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3 yang dibagi dalam 16 zona wilayah.

Laga pembuka pun sudah dimainkan, dimana, Persibo Bojonegoro selaku juara bertahan kalah dari Madura United dengan skor 3-1.

Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua, Rocky Bebena mengatakan, pertandingan bulan Mei 2018 hanya ada empat pertandingan.

“Pada tanggal 8-15 Mei 2018 ini hanya ada 4 pertandingan dan itu semuanya di selenggrakan di Pulau Jawa. Kita di Papua baru akan dipertandingkan pada 24 Juni-3 Agustus 2018,” ungkap Rocky Bebena.

Rocky menjelaskan, sesuai hasil drawing, Yahukimo FC, Persewar Waropen dan Persintan Intan Jaya selaku tuan rumah agar segera berbenah atau menentukan stadion sebagai kandang mereka sendiri.

“Seperti pada babak pertama nanti, Yahukimo akan melawan Persipura Jayapura dimana Yahukimo menjadi tuan rumah. Oleh karena itu, Yahukimo harus menyiapkan stadion yang representatif dengan standar kompotisi. Begitupun dengan Perseru dan Intan Jaya, Persewar harus menyiapakan semuanya selaku tuan rumah,” ungkap Rocky.

Bagi klub yang mengundurkan diri dari Piala Indonesia, dikatakan Rocky bahwa akan ada sanksi. Dimana, klub yang mengundurkan diri akan didenda seperti untuk peserta liga 3 Rp 250 juta, liga 2 Rp 500 juta, liga 1 dendanya 1 miliar.

Lebih lanjut Rocky,  dalam kompetisi Piala Indonesia tahun 2018 ada 7 babak yang akan dipertandingkan, diantaranya babak pertama 128 besar, babak kedua 64 beaar, babak ketiga 32 besar, babak 16 besar, babak 8 besar, babak 4 besar dan babak Final.

Sementara itu, Pelatih Persewar Waropen, Carolino Ivakdalam yang dikonfirmasi terkait status timnya sebagai tuan rumah dan akan menjamu PSBS Biak, fans klub Italia AC Milan itu mengaku, akan koordinasi dengan Ketua Umum yang juga Bupati Waropen, Jeremias Bisay.

“Keputusan ada di pengurus, tapi melihat standar stadion yang di isyaratkan oleh PSSI, maka sudah pasti semua tim tuan rumah di zona Papua akan main di Mandala Jayapura,” pungkasnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY