JAYAPURA (PT) – Upaya Polda Papua untuk menangkap buronan-buronan atau Daftar Pencarian Orang (DPO) dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berhasil kabur dari Lembaga Permasyarakatan (LP) terus dilakukan.

Bahkan secara bertahap satu persatu buronan KKB tersebut berhasil diringkus meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sesuai rilis yang disampaikan pihak Polda Papua bahwa dalam satu bulan terakhir, Polda Papua berhasil menangkap tiga orang anggota KKB dari kelompok Sabinus Waker dan Purom Wenda.

Ketiganya ditangkap saat melakukan aktifitas di masyarakat. Ketiga orang tersebut antara lain, Tandi Kogoya (TK), Tier Wonda (TW) dan Yogor Telenggen (YT).

Tiga orang anggota KKB yang tertangkap merupakan DPO Polda Papua. Misalnya Tandi Kogoya (TK), tertangkap pada 15 April 2018 di Distrik Uwapa, Kabupaten Nabire.

Dari catatan polisi bahwa TK terlibat dalam aksi penembakan di Tembagapura, Kabupeten Mimika.

Kemudian, Tier Wonda (TW) tertangkap pada 17 April 2018 di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

TW diketahui sebagai penembak jitu dari kelompok Purom Wenda yang mempunyai daerah operasi di Kabupaten Puncak Jaya, Jayawijaya, Tolikara, Puncak dan Lanny Jaya.

Kemudian Yogor Telenggeng (YT) alias Kartu Kuning Yoman tertangkap pada 12 Mei 2018 di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

YT sebelumnya pernah melarikan diri dari Lapas Abepura pada 8 Januari 2016.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Boy Rafli Amar menyebutkan, YT sudah menjalani masa hukuman di Lapas Abepura dan berhasil melarikan diri.

“Jadi dalam masa pelarian selama dua tahun, YT kembali melakukan aksinya. Jadi saat ini kami masih periksa,” kata Kapolda Papua, Rabu (16/5/2018).

Kapolda Boy Rafli menyampaikan, saat ini personil sudah mulai menguasai sejumlah daerah yang menjadi lokasi tempat beraksi dari ketiganya.

Ia berharap anggota KKB yang terlibat langsung dalam tindak kejahatan dapat menyerahkan diri.

“Kami sudah menempatkan personil secara bergiliran dan permanen di Pos Pengamanan Terpadu. Kami berharap rekan dari tiga orang ini bisa menyerahkan diri dan tentu kami akan perlakukan dengan baik,” tambahnya.

Dalam penangkapan yang dilakukan ini, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa senjata hasil rampasan dan amunisi. (jul/dm)

LEAVE A REPLY