Pesan Pj. Gubernur Saat Kunjungi Pameran Kuliner di Kantor Otonom Kotaraja

JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Soedarmo mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua terus menggalakkan pengembangan pangan lokal Papua untuk dikonsumsi pada setiap kegiatan dan acara pemerintahan dilaksanakan.

Ia mengungkapkan, guna mewujudkan pengembangan pangan lokal tersebut, maka diharapkan perhatian penuh dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua untuk menyajikan makanan lokal asli Papua.

“Saya juga minta kepada semua institusi baik itu TNI/Polri, perhotelan, restoran dan rumah makan untuk wajib menyediakan makanan-makanan lokal asli Papua,” ungkap Soedarmo.

Dalam rangka mendukung program pengembangan pangan lokal tersebut maka Pemprov Papua bakal menyiapkan suatu konsep Peraturan Daerah (Perda) namun sampai saat ini memang belum langkah konkritnya.

“Kita harus lakukan langkah kongkritnya sekarang ini. Tidak bisa kita hanya berbicara soal regulasi atau aturan saja, tetapi harusnya dari regulasi tersebut harus apa yang perlu dilakukan setelah itu. Sehingga dilakukan pemeran kuliner seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu, demi mendukung terhadap pengembangan produk lokal asli Papua ini, maka pihaknya kini sudah menerbitkan Intruksi Gubernur untuk setiap tempat usaha seperti perhotelan, restoran, rumah makan untuk menyajikan makanan lokal asli Papua dan juga diwajibkan bagi semua OPD, instansi TNI/Polri menyajikan makanan lokal setiap kegiatannya.

“Mengenai sanksi itu belum terpikir sampai kesana, karena ini sifatnya himbauan. Karena memang setiap kita melakukan kegiatan seperti ini tetentu sifatnya bertahap dan berkelanjutan untuk kita mendorong terus dalam rangka mengangkat hasil bumi dari Tanah Papua,” bebernya.

Hanya saja, lanjutnya bahwa wajib hukumnya bagi semua OPD di Pemprov Papua untuk menyajikan makanan lokal dalam setiap kegiatan pemerintahannya lebih khusus kopi Papua, sagu dan makanan lokal lainnya.

“Kami akan mengambil suatu kebijakkan mengingat hasil produk lokal Papua ini sangat bagus, seperti kopi Papua yang mana rasanya beda dengan kopi didaerah lainnya.
Secara kualitas sangat bagus, sehingga promosinya harus ditingkatkan baik secara nasional maupun internasional. Saya berkomitmen untuk terus mendorong agar produk lokal hasil bumi Papua ini bisa mendunia dan dikenal dikalangan masyarakat diseluruh Papua maupun Indonesia ini,” pungkasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY