JAYAPURA (PT) – Wakil Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi masalah kesehatan, Maria Duwitau meminta seluruh rumah sakit yang ada di Papua, baik rumah sakit berplat merah maupun rumah sakit swasta supaya tetap memberikan pelayanan maksimal disaat libur panjang dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Ia tidak menginginkan terjadi penolakan pasien yang ingin berobat ke rumah sakit akibat tidak ada dokter yang bertugas karena liburan Lebarana.

“Kami sangat mengharapkan kepada para dokter yang mempunyai hati untuk melayani masyarakat supaya bisa bertugas saat libur lebaran ini. Tentunya masyarakat ingin ada pelayanan dirumah sakit ketika masyarakat sakit dan ingin berobat,” ungkapnya.

Ia juga menekankan kepada pihak managemen rumah sakit supaya memastikan dan menyusun untuk membagi tim dokter yang standby untuk melayani pasien.

“Jadi managemen sudah harus menyikapi hal ini. Misalnya dokter yang beragama Kristen bisa standby, sedangkan yang Muslim bisa melakukan cuti,” imbuhnya.

Menurutnya, libur panjang ini tentunya tidak semua masyarakat dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, guna mengantisipasi hal-hal urgen khususnya pelaksanaan Lebaran maka rumah sakit sudah harus siap siaga 24 jam.

“Tentunya kami juga berharap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk mengontrol setiap rumah sakit agar jangan sampai tidak ada dokter yang bertugas selama libur panjang ini. (ara/dm)

LEAVE A REPLY