JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika siap mendukung Polri untuk bertani bersama masyarakat Suku Kamoro, Sabtu (9/6/2018).

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyuluhan dan Sarana Prasarana Kabupaten Mimika, Ir. Endro dwi partomo. M.si kepada wartawa di SP. IV, Wonosari Jaya, Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua tepatnya dilahan pertanian Binaan Binmas Noken Polri yang diketuai oleh Musa Onawame.

“Jadi, untuk program Binmas Noken Polri ini, kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Mimika sangat mendukung sekali karena program ini adalah suatu bentuk pemberdayaan masyarakat yang mana sesuai dan sejalan dengan program pemerintah kabupaten Mimika,” ungkap Endro.

Diakuinya, program Binmas Noken Polri ini telah membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat terutama pemberdayaan ekonomi, sehingga semua orang asli Papua bisa tersentuh.

“Ini adalah salah satu program yang bagus dan kami sangat mendukung untuk kegiatan Vinmas Noken Polri ini,” katanya.

“Kami dari Dinas Pertanian juga akan mendukung Binmas Noken Polri dalam hal pendampingan kepada masyarakat kami yang sedang bertani dan kami juga berterima kasih kepada pihak kepolisian karena dengan adanya kegiatan ini. Tugas pemerintah akan semakin ringan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Binaan Binmas Noken Polri, Musa Onawame mengukapkan rasa syukur dan terimakasihnya karena, dengan adanya pendampingan dari Binmas Noken Polri dalam hal pertanian dan perekebunan, sehingga masyarakat telah mengetahui cara menanam dan merawat tanaman hingga memanen hasilya.

Ia juga berterimaksih karena dengan
adanya kerjasama yang baik antara Tim Binmas Noken Polri dan Dinas Pertanian Kabupaten Mimika sehingga lahan pertaniannya telah dikunjungi dan mendapat perhatian.

“Sebagai masyarakat pribumi Kamoro, Mimia, kami sangat berterima kasih,” ucapnya.

“Harapan kami, dengan adanya bantuan dan support dari Binmas Noken Polri dan Dinas Pertanian Kabupaten Mimika bisa menopang ekonomi keluara kami,” bebernya.

Sementara itu, Kanit Pertanian Binmas Noken Polri, Iptu. Ma’ruf Suroto menambahkan bahwa pada lahan pertanian yang telah digarap ini akan ditanami bebagai macam jenis tanaman seperti, terong, tomat, jagung dan beberapa sayuran lainya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Tim Binmas Noken Polri, Kombespol, Dr. (c), Eko Rudi Sudarto bersama anggota Tim Binmas Noken Polri serta juga diserahkan bantuan sembako dari Tim Binmas Noken Polri dan juga bantuan bibit tanaman sayuran dari Dinas Pertanian Kabupaten Mimika kepada petani setempat yang terima oleh Musa Onawame. (jul/dm)

LEAVE A REPLY