TOLIKARA (PT) – Guna mewujudkan pelayanan secara transparan dan bertanggungjawab, Pemerintah Pusat menerapkan mekanisme penyaluran dana desa melalui nomor rekening Bank daerah.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tolikara mengandeng Bank Papua sebagai mitra kerja untuk menata penyaluran dana desa sehingga lebih baik.

Hal itu dilakukan karena kedepan dana desa hanya bisa diterima di lima Bank Papua yang ada di wilayah Tolikara yaitu Bank Papua Cabang Karubaga, Kantor Kas Bank Papua Mamit/Kembu, Kantor Kas Bank Papua Kanggime, Kantor Kas Bank Papua Bokondini dan Kantor Kas Bank Papua Dabra.

“Kami sudah menyepakati bahwa dana desa hanya bisa diterima melalui lima bank itu saja dan diluar dari kelima bank itu tidak akan bisa dicairkan dananya karena sistem tidak akan menerima dan pasti akan menolak,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) dan Sosial Kabupaten Tolikara, Wemban Wanimbo saat melakukan pembukaan buku rekening Bank Papua untuk dana desa yang tersebar di tiga distrik yaitu Distrik Egian, Distrik Dow dan Distrik Warri yang dipusatkan di Distrik Wari, Selasa dan Rabu (5-6/6/2018).

Untuk itu, kata Wemban supaya para aparat kampung harus selalu berada dengan masyarakatnya di kampung sehingga semua program dibuat bersama Bamuskam dan melakukan pekerjaan itu bersama masyarakat sehingga program ini dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah membuka rekening dari Distik Egiam sebanyak 10 kampung dan Distrik Warri sebanyak 17 kampung serta Distrik Dow sebanyak 11 kampung.

“Jadi seluruh kampung di tiga distrik itu kami sudah buka rekening berarti sudah tidak ada masalah semua bisa dijalankan dengan aman,” terangnya.

Dikatakannya, seluruh kampung yang ada di wilayah pembangunan III yakni di Distrik Warri dan Distrik Dow serta Distrik Egiam pembukaan buku rekening kampung dilakukan pada Bank Papua Cabang Karubaga sebagai salah satu bank yang ada di pusat ibukota Kabupaten Tolikara di Karubaga.

Namun, untuk transaksi pengambilan bisa dilakukan kantor Bank Papua Dabra karena jangkauan dari wilayah pembangunan III ke Karubaga sangat jauh apalagi akses jalan darat belum ada karena itu Pemerintah Tolikara melalui Bank Papua sudah bekerjasama dengan Kantor Kas Bank Papua Dabra dan juga mekanisme pelayanan kedepan sudah disepakati bersama.

“Jadi dana desa untuk seluruh kampung di Tolikara yang kami salurkan saat ini adalah dana dampung Silpa tahun 2017 sebesar 40 persen dan dana desa 2018 sebesar 20 persen. Semua dana itu harus segera masuk di rekening kampung sehingga kami harus bekerja keras menyalurkan dana desa dari RKUD ke RKDES dan saat ini sudah hamper rampung,” ucapnya.

Tak lupa jugaz Wemban Wanimbo memberikan pengargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan seluruh lapisan masyarakat Tolikara yang berada di tiga distrik tersebut yang telah menerima kedatangan tim dengan baik sehingga semua kegiatan bisa sukses sesuai rencana. (Diskominfo Tolikara)

LEAVE A REPLY