JAYAPURA (PT) – Pembukaan Bhayangkara Offroad Championship Papua tahun 2018 dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72 resmi dibuka Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, MH, Jumat (22/6/2018).

Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, MH mengatakan, Bhayangkara Offroad Championship tahun 2018 yang pertama ini untuk menyalurkan hobi anak muda yang ada di Papua untuk sama-sama berolahraga yang cukup menantang.

“Semoga olahraga ini bisa terus kita kembangkan. Jadi sudah 5 tahun acara offroad tidak ada sehingga tahun 2018 ini kita laksanakan kembali dan semoga ini juga untuk menyalurkan bakat, hobi masyarakat pencinta otomotif offroad yang selama ini mungkin cari-cari medan sendiri,” katanya.

Ditambahnya, ivent Offroad dapat menjadikan agenda nasional kedepannya.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi kalender ivent nasional dari area pusat mencanangkan bahwa salah satu di Papua menjadi kalender nasional. Untuk itu, teman-teman menyesuaikan dengan aturan-aturan yang ada kelengkapan kendaraan kemudian dari sistem pengawasan pertandingan perlombaan yang tentunya juga harus mengedepankan faktor safety,” imbuhnya.

Diakuinya, sirkuit yang terbatas dan jarak yang hanya 1,1 kilometer diharapkan ini mudah-mudahan bisa mendapatkan lokasi yang akan lebih bagus lagi.

“Karena ini cuman 1,1 kilo kalo menurut saya masih kurang tetapi setidaknya hari ini kita sudah mendapat tempat yang cukup layak dan kedepan bekerjasama dengan Wali Kota atau Bupati Jayapura yang kemungkinan lahan-lahan yang masih besar dan banyak, yang masih bisa untuk nenjadi sirkuit offroad,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Gustav Urbinas, yang juga Ketua Panitia mengatakan, ivent ini terdiri dari dua agenda yakni memperingati HUT Bhayangkara ke 72 dan memberikan kesejukan ditahap inti Pilkada Papua 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Ya, kita doakan semuanya dapat berjalan aman dan damai. Jadi dua hal ini yang melatarbelakangi untuk dilaksanakannya ivent hari ini selama 2 hari,” ungkapnya.

Diakuinya, Bhayangkara Offroad diikuti 30 peserta dari Jayapura dan luar Jayapura.

Dalam iven ini ada 4 kelas yang dilombakan yaitu 4×4 2500cc uper dan under dan 4×2 2500cc uper dan under.

“Jadi ada 4 kelas dengan 5 pemenang 1, 2, 3 mendapatkan piala, uang pembinaan dan piagam dan juga juara 4 dan 5 tiap kelas mendapatkan uang pembinaan dan piagam. Sedangkan untuk juara utama atau umum yang mendapatkan poin terbanyak dari kelas 4×4 under dan uper akan mendapatkan piala bergilir Kapolda Papua dan satu unit sepeda motor Honda Vario 150cc,” pungkasnya. (ai/dm)

LEAVE A REPLY