JAYAPURA (PT) – Bintara pembina Desa Koramil 1711-02/Mindip Tana, Serda Nanang Rego memberikan materi tentang bela negara kepada siswa-siswi baru SMP Negeri Mindip Tana, Kabupaten Boven Digoel yang mengikuti Masa Orientasi Siswa (MOS), Rabu (12/7/2018).

Serda Nanang mengatakan, pemberian materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) kepada siswa–siswi baru agar para memahami dan mengerti tentang bela negara sehingga timbul semangat untuk mencintai tanah air, bangsa dan negara Indonesia.

“Materi tentang pancasila, yaitu asal usul dan sejarah pancasila mengapa menjadi dasar negara yang pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya dan tanggal 1 Oktober di peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” terangnya.

Ia menambahkan, tujuan diberikan pembekalan tersebut agar siswa sekolah baru tersebut mengerti dan memahami sekaligus bisa mengamalkan dan mengimpletasikan dalam kehidupan sehari hari, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kesatuan Republik Indonesia.

“Harapannya, siswa-siswi bisa mengingat kembali sejarah bangsa Indonesia yang sudah ditorehkan oleh pendahulu kita,” katanya.

Diakuinya, saar ini pengaruh lingkungan dan pengaruh globalisasi perkembangan jaman semakin tajam.

“Sebagai Apkowil, kami Babinsa punya tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan kewilayahan dan kegiatan ini merupakan tugas pokok Babinsa dalam pembinaan teritorial,” katanya.

Sementara itu, Danramil 02/Mindip Tana, Mayor Inf. Navoleon mengatakan, untuk mendukung pendidikan di tahun ajaran baru, melalui kegiatan MOS ini ingin membentuk karakter yang positif pada setiap siswa dan siswi baru di wilayah binaan Koramil 1711-02/Mindip Tana.

“Hal ini pun untuk meningkatkan kesadaran bela negara, membentuk patriot bangsa yang setia dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta senantiasa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkas Danramil. (jul/dm)

LEAVE A REPLY