JAYAPURA (PT) – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) National Paralympic Commitee (NPC) Papua tahun 2018 dibuka langsung oleh Gubernur Papua yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa, SH di Hotel Sahid Jayapura, Senin (16/7/2018).

Doren Wakerkwa berharap, pengurus NPC Papua dapat melakukan inventaris kelompok-kelompok NPC yang ditekuni agar pembinaan tepat sasaran dan terukur seberapa jauh pembinaan NCP di tanah Papua.

Selain itu, Rakerda ini diharapkan dapat meningkatkan konsolidasi organisasi di setiap kabupaten/kota untuk meningkatkan prestasi NCP Papua pada ivent Papeparnas IX 2019 dan Peparnas XVI 2020 mendatang.

Doren juga minta kepada pengurus NPC untuk segera membentuk NCP di kabupaten lain di Papua, sehingga dengan adanya NPC di tingkat kabupaten bisa lebih maksimal melakukan pembinaan atlet disabilitas yang berprestasi demi terwujudnya tujuan untuk meningkatkan prestasi pada Papeparnas 2019 dan Perparnas 2020 Papua.

“Terkait dengan biaya pemusatan latihan atlet NPC menuju Papeparnas dan Peparnas, pemerintah tidak menutup mata dan akan memberikan dukungan kepada NPC Papua.
Sebab, NPC Papua sudah mengharumkam nama Papua di kancah Nasional dan Internasional sehingga 0emerintah sudah pasti akan membantu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum NPC Papua, Jaya Kusuma mengatakan, Rakerda yang diselenggarakan ini tentunya membahas beberapa program kerja untuk meraih prestasi pada dua ivent yang akan diselenggarakan di Papua 2019 dan tahun 2020 mendatang.

Oleh karena itu, NPC Papua sudah mulai melakukan persiapan atlet-atlet dan para Rakerda ini juga NCP Papua mengundang Kepala Dinas Olahraga dari Kabupaten/Kota, dengan harapan mereka bisa mensosialisasikan NPC kedepan.

Ia berencana akan melakukan koordinasi dengan Pemda kabupaten/kota untuk segera membentuk NPC. Sebab, hingga saat ini, NCP baru terbentuk di lima kabupaten. (ing/dm)

LEAVE A REPLY