JAYAPURA (PT) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhajiir Efendi melakukan peninjauan sekaligus memantau langsung di hari pertama siswa bersekolah di sejumlah sekolah di Kota Jayapura, Senin (16/72018).

Mendikbud meninjau sekolah mulai dari SD Negri Inpres Kotaraja, SMP Negri 5 Jayapura, SMK negri 1 Jayapura.

Saat meninjau beberapa sekolah, Mendikbud didampingi Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Fahrudin Pasallo.

Mendikbud Muhajiir Efendi mengatakan, dirinya merasa senang bisa hadir langsung ke Papua khususnya di Kota Jayapura untuk melihat langsung proses masuk hari pertama bagi siswa baru.

“Saya merasa senang hari ini bisa melihat langsung ke sejumlah sekolah di Kota Jayapura. Karna saya cinta terhadap tanah Papua, untuk itu, saya juga membawa serta Sekjen Kemendikbud dan para Direktur baik SD, SMP dan SMA atau SMK untuk bersama melihat solusi dan permasalahan yang dihadapi di sekolah-sekolah diPapua terlebih khusus di Kota Jayapura ini,” ujar Muhajiir Efendi saat memberikan arahan di hadapan siswa baru SMK Negeri 1 Jayapura.

Mendikbud juga mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus meningkatkan kualitas sekolah khusus tingkat SMK dari 14 ribu SMK di seluruh Indonesia.

“Ada 216 SMK yang direvatilisasi dan salah satu SMK tersebut adalah SMK negeri 1 Jayapura,” katanya.

Muhajiir Efendi juga berharap pada proses siswa baru ini tidak ada lagi perploncoan dari kakak tingkat atau senior kepada peserta didik baru disekolah.

Ia pun berharap pada tahun 2030 mendatang Indonesia mampu memanfaatkan bonus Demografi dengan mencetak kualitas peserta didik yang mampu bersaing dalam dunia usaha. (Humas Pemkot Jayapura/dm)

LEAVE A REPLY