JAYAPURA (PT) – DPD Partai Demokrat Provinsi Papua secara resmi menyerahkan 55 berkas calon anggota legislatif (Caleg) DPR Papua ke KPU Papua, Selasa (17/7/2018).

Sekretaris Umum DPD Partai Demokrat Papua, Carolus K Bolly, SE, MM menjelaskan bahwa dari 55 caleg Partai Demokrat untuk DPR Papua yang didaftarkan terdiri dari 35 orang caleg pria dan 20 orang caleg perempuan.

Dijelaskan, khusus untuk caleg perempuan telah memenuhi persyaratan yang diamanatkan undang-undang.

“Tadi kita sudah daftarkan caleg Partai Demokrat untuk tingkat DPR Papua sebanyak 55 orang. Khusus untuk caleg perempuan, Partai Demokrat telah memenuhi kuota sebesar 36,36 persen,” terang Carolus Bolly.

Carolus menambahkan bahwa 55 caleg DPR Papua itu akan bersaing memperebutkan 55 kursi yang tersebar di tujuh Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Dapil I meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi.

Kemudian Dapil II meliputi Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Supiori dan Kabupaten Waropen,

Selanjutnya Dapil III meliputi Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Nabire, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya.

Dapil IV terdiri dari Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Tolikara.

Dapil V meliputi Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Yalimo.

Kemudian terakhir Dapil VII meliputi Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel.

Sekedar diketahui, Partai Demokrat Papua secara resmi mendaftarkan calegnya di hari penutupan pendaftaran, Selasa (17/7) sore.

Berkas dokumen syarat pencalonan diantarkan langsung oleh para petinggi demokrat diantaranya para Wakil Ketua, Ricky Ham Pagawak, Yunus Wonda, Mustakim dan Sekertaris, Carolus Bolly bersama jajaran pengurus DPD provinsi ke Kantor KPU Papua.

Kedatangan rombongan demokrat disambut oleh empat komisioner KPU Papua yakni Melkias Kambu, Sandra Mambrasar, Diana Simbiak dan Zufri Abubakar.

Tampak hadir pula pihak Bawaslu yang diwakili oleh Komisioner Anugrah Pata dan Sucipto.

Ditempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPD) Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya, Yumin Wonda mengatakan bahwa pihaknya secara resmi telah mendaftarkan 35 Caleg DPRD Kabupaten Puncak Jaya pada hari Selasa (17/7/2018).

Yumin berharap dengan telah diserahkan berkas caleg tersebut, maka seluruh caleg Kabupaten Puncak Jaya dapat menyiapkan diri dengan baik untuk mensukseskan Pemilu Legislatif yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang. (ans/dm)

LEAVE A REPLY