SENTANI (PT) – Dalam rangka meningkatkan ekonomi rakyat khususnya dalam bidang pertanian, maka Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultural (TPH) membantu kelompok tani Tabiyab Kampung Berab, Distrik Nimbokrang dengan membuka lahan sawah seluas 10 hektar.

“Saya berharap kelompok Tabiyab setelah membuka lahan bersama untuk tanaman padi selanjutnya kelompok ini harus serius mengembangkan usaha pertanian sawahnya,” ungkap Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro dalam sambutannya ketika menghadiri kegiatan penanaman padi perdana di Kampung Berab, Distrik Nimbongkrang Kabupaten Jayapura, Kamis (19/7/2018).

Selain itu, Giri meminta kepada kelompok Tabiyab untuk tetap jaga kekompakan dalam agar penanaman padi bisa dapat berjalan dengan.

“Saya meminta tim ini harus terus kompak dalam kegiatan ini, supaya apa yang jadi harapan pemerintah dan masyarakat itu bisa terjawab,” ajaknya.

Menurut Giri, penanaman padi bagi masyarakat Papua iniĀ  merupakan hal yang baru sehingga perlu adanya perhatian khusus dari dinas terkait.

“Saya pikir dalam memperlancar penanaman padi ini harus ada dukungan yang baik dari Dinas TPH Kabupaten Jayapura. Oleh karena itu, saya meminta kepada Dinas TPH harus bisa mendukungnya dengan baik karena ini merupakan hal yang baru atau yang pertama kalinya bagi masyarakat Papua, terlebih khusus masyarakat di kampungĀ  Berab,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat bahwa dengan adanya penanaman padi masyarakat harus bisa merubah pola pikir yang baik, demi merubah nasib generasi yang akan datang.

“Saya harap dengan adanya hal yang baru ini, maka tentunya pola pikir kita juga harus bisa berubah lebih baik dari yang sebelumnya, guna merubah nasib kami maupun anak cucu kita nanti,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro secara resmi mengukuhkan kelompok tani Tabiyab, Kampung Berab, yang berjumlah tiga puluh (30) orang dan juga menyerahkan satu unit mesin tanam padi. (tm/dm)

LEAVE A REPLY