JAYAPURA (PT) – Jembatan yang terletak di Kampung Warironi, Distrik Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen mengalami rusak berat akibat kayu yang menjadi bahan utama pembangunan jembatan tersebut rapuh dan ambruk.

Akibatnya, satu unit mobil truk yang hendak melintas dari Kota Serui menuju ke Kampung Dawai nyaris terjatuh ke jurang, Selasa (24/7/2018).

Beruntung, kejadian tersebut langsung direspon anggota Koramil yang di pimpin langsung Komandan Rayon Militer (Danramil) 1709-02/Yaptim, Kapten Inf. Karsidi yang mengajak seluruh warga untuk berkerja secara bergotong-royong dan memperbaiki jembatan dengan alat seadanya serta menyelamatkan mobil truk yang nyaris jatuh ke jurang.

Danramil, Kapten Inf. Karsidi mengatakan, pekerjaan ini merupakan tanggung jawab semua, mengingat jembatan yang menghubungkan antara Distrik Yapen Timur dan Kota Serui ini merupakan jalan penghubung satu-satunya dan juga merupakan objek vital.

Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada warga agar bersama-sama memperbaiki jembatan dengan alat dan bahan seadanya sampai ada tindakan serta keputusan lebih lanjut dari Pemirintah Desa (Pemdes).

“Ketika akses transportasi ini macet, maka seluruh kegiatan perekonomian serta kegiatan lainnya di Distrik Yapen Timur akan macet juga. Untuk itu, saya berharap perbaikan jembatan ini dapat terselesaikan hari ini juga untuk meminimalisir resiko kecelakaan yang mungkin akan terjadi bagi warga,” ujar Danramil.

Warga yang melaksanakan perbaikan jembatan bersama Babinsa sangat antusias.

“Betul sekali apa yang dikatakan oleh Danramil, apabila akses transportasi di Distrik Yaptim ini macet maka segala kegiatan akan macet juga, termasuk anak-anak yang akan bersekolah ke Kampung Dawai juga terganggu perjalannya karena kondisi jembatan yang rusak begini,” kata salah seorang warga.

Aktifitas transportasi di Distrik Yaptim sempat terhenti sementara, namun dengan adanya kepedulian tindakan cepat dan tepat dari Koramil 1709-02/Yaptim dan warga sekitar, aktifitas dapat berjalan normal kembali. (jul/dm)

LEAVE A REPLY