JAKARTA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua melalui Kantor Badan Penghubung Pemerintah Daerah Provinsi Papua aktif melakukan sosialisasi dan penyebaran informasi mengenai kondisi dan perkembangan pembangunan di Provinsi Papua.

Salah satu kegiatan rutin dan menjadi kegiatan utama dari kantor Badan Penghubung tersebut adalah Papua Update.

“Kegiatan Papua Update merupakan kegiatan utama dan prioritas bagi kami saat ini yang kami tujukan untuk menyebarluaskan perkembangan, kondisi dan kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah saat ini di Provinsi Papua. Kami di tugaskan oleh Gubernur untuk secara berkala melakukan Papua Update ini,” ungkap Alexander Kapisa, Kepala Badan Penghubung Provinsi Papua di KBRI Wellington dalam rilisnya yang diterima papuatoday.com.

Alex melanjutkan bahwa seperti yang saat ini dilakukan di Wellington, pihaknya ditugaskan Gubernur untuk menjadi narasumber utama dalam kegiatan yang merupakan kegiatan Papua Update sebagaimana diselenggaran oleh KBRI New Zealand.

Tujuan kegiatan itu ditujukan kepada para Diplomat dan mahasiswa yang tergabung dalam PPI dari berbagai kota di Newe Zealand.

“Kami memaparkan data dan informasi tentang capaian-capaian pembangunan di Provinsi Papua sampai tahun 2018, indikatror-indikator pembangunan seperti IPM, PDRB, tingkat kemiskinan dan lain sebagainya,” terangnya.

“Harapan kami mahasiswa dan diplomat kita yang ada di New Zealand memahami sehingga dapat menjelaskan tentang papua di New Zealand,” imbuhnya.

Diakuinya, kegiatan ini
sejalan dengan apa yang disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk New Zealand, Kerjaan Tango dan Samoa, Tantowi Yahya juga menyambut baik kegiatan Papua Update ini.

“Kami merasa saat ini mempunyai partner yang tepat dalam membangun informasi dan dukungan mengenai Papua, apalagi datangnya langsung dari Pemda Papua. Kegiatan Papua Update ini sangat tepat untuk menyebarluaskan informasi tentang Papua, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” tegas Dubes tersebut.

Tantowi melanjutkan bahwa sinergitas seluruh stakeholder sangat penting dibangun khususnyta dalam menangani issu tentang papua ini, karena gerakan-gerakan yang mengkritisi tentang Papua di Luar Negeri masih terus berlangsung.

“Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Penghubung sebaiiknya terus melakukan sinergi melalui kegiatan Papua Update dengan stakeholders lainnya agar informasi yang disampaikan dapat menjadi pegangan dalam mengelola issu tentang papua,” beber Tantowi Yahya.

Berkaitan dengan kegiatan di New Zealand ini, Alexander Kapisa menyampaikan terima kasih kepada Dubes dan seluruh staf di KBRI yang telah mengundang Pemda Papua untuk menjadi narasumber di acara tersebut.

“Kami atas nama Gubernur mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan Bapak Dubes menjadikan pemda papua sebagai narasumber dalam acara yang mereka adakan. Kami berharap jalinan kerjasama terus dapat kami bangun kedepannya agar issutentang papua dapat kita tangani secara bersama-sama,” pungkas Alexander Kapisa. (ist/dm)

LEAVE A REPLY