SENTANI (PT) – Distrik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Jayapura hendaknya sinergis dalam menerapkan semua kebijakan strategis pimpinan daerah.

Dengan demikian, komitmen pemerintah untuk memberikan layanan yang maksimal bagi masyarakat dapat tercapai.

“Kebijakan menjadikan distrik sebagai pusat data, pusat informasi, pusat pelatihan dan pusat pemberdayaan. Kebijakan ini belum di terjemahkan secara baik oleh distrik dan OPD,” ungkap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si dalam sambutannya saat membuka Sosialisasi Program Percepatan Pembangunan Berbasis Distrik di Kabupaten Jayapura di Hotel Grand Allison Sentani, Kamis (2/8/2018).

Bupati menegaskan, usai dari sosialisasi, kedepan semua OPD dan Distrik di Kabupaten Jayapura harus membuka komunikasi dan koordinasi untuk mensinergiskan rancangan-rancangan program dalam menunjang kebijakan daerah menjadi distrik sebagai pusat data, informasi, pelatihan dan pemberdayaan.

“Kita tidak lagi harus menunggu, pimpinan OPD dan Distrik harus mempunyai inovasi-inovasi baru dalam menterjemahkan kebijakan pemerintah daerah. Waktu sedang berlajan, kita tidak bisa menunggu namun dari sekarang harus bergerak melakukan langkah-langkah konkrit menuju penerapan distrik sebagai pusat data, informasi, pelatihan dan pemberdayaan,” terangnya.

Menurutnya, OPD di Kabupaten Jayapura terutama OPD yang sebagian tugasnya melayani masyarakat dapat menyerahkan kewenangan melayani masyarakat kepada distrik.

Sehingga distrik dapat bergerak cepat melayani masyarakat, baik pelayanan bersifat administrasi maupun juga pelayanan pembangunan infrastruktur.

Bupati juga mengatakan, dengan diserahkan sebagian kewenangan yang dimiliki OPD kepada distrik maka dengan sendirinya distrik akan menjadi pusat pelayanan publik bagi masyarakat.

“Pelayanan yang efektif, efisien dan tidak membutuhkan biaya tinggi untuk masyarakat mengurusnya,” ucapnya.

“Di Kabupaten Jayapura harus memberikan ruang kepada distrik dalam melayanai masyarakat. Dengan demikian, pelayanan pemerintah bagi masyarakat mudah didapat, serta dapat meningkatkan standar pelayanan minimal bagi warga,” tegasnya.(tm/dm)

LEAVE A REPLY