JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Soedarmo bersama Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih bakal turun langsung meninjau penambangan liar di wilayah Korowai, Kabupaten Yahukimo.

“Saya akan cari waktu yang pas untuk mengecek kesana. Saya bersama Kapolda dan Pangdam,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (6/8/2018).

Pj. Gubernur mengakui bahwa rencana untuk meninjau lokasi penambangan liar itu sebagaimana menindaklanjuti laporan dari Pdt. Trevor Johnson terkait adanya penambangan liar di wilayah hulu dari Danowage.

Diakuinya, adanya penambangan liar di wilayah Korowai itu sudah diketahui bahkan lengkap dengan foto dan videonya.

“Saya punya orang disana yang lebih lengkap melaporkan mulai foto sampai dengan video. Di lokasi itu ada yang menggunakan helikopter dan itu stand by di Kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Dengan adanya kasus ini, lanjutnya, aparat keamanan di wilayah tersebut seharusnya sudah mengambil tindakan tegas, karena apa yang dilakukan adalah ilegal.

“Saya juga sudah membuat surat ke Kapolda untuk bisa menertibkan aktivitas ilegal yang ada di Papua, baik pertambangan liar, penebangan liar hingga pecurian ikan. Intinya penegak hukum yang harus mengambil tindakan ini,” tegas Soedarmo.

Selain itu, pihaknya juga akan membahas keberadaan tambang di Papua. Artinya mana yang tambang rakyat dan mana yang tambang liar.

“Kami juga akan memetakan mana tambang yang harus dikerjakan oleh rakyat atau perusahaan yang sudah mendapat izin dari pemerintah. Ini harus jelas supaya tidak tumpang tindih,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sudah memegang data mengenai mana perusahaan yang sudah mendapat izin maupun belum.

Oleh karena itu, Pemprov Papua akan meneruskan ini ke aparat penegak hukum untuk selanjutnya diambil tindakan tegas. (ing/dm)

LEAVE A REPLY