JAYAPURA (PT) – Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Provinsi Papua melibatkan sekitar 500 ASN dan TNI-Polri untuk ikut aksi donor darah di Terminal Taman Mesran Kota Jayapura, Rabu (8/8/2018).

Wakil Koordinator Seksi Bakti Sosial, Mayor Inf. Cristian Ireeuw mengatakan, aksi donor ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 bekerjasama dengan TNI/Polri yang melibat 500 personil baik TNI Polri dan juga ASN.

“Hari ini kita melakukan kegiatan donor darah yang mana sasaran TNI/Polri maupun ASN yang terlibat kurang lebih 500 personil. Makanya koordinasi dengan PMI untuk menyiapkan kantong darah kurang lebih 500 kantong,” ungkap Cristian.

Ia menjelaskan, kegiatan donor darah ini murni dalam rangka HUT RI bukan karena HUT TNI.

“Jadi masyarakat jangan salah menilai. Ini memang banyak anggota yang dilibatkan. Dari Kodam Cenderawasih 150 personil serta Polda Papua juga 150 personil. Tapi ini merupakan kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI bukan HUT TNI,” tegasnya.

Diakuinya, kantong darah yang dikumpulkan selanjutkan akan dibawa ke PMI Jayapura untuk kemudian didistribuskan ke setiap rumah sakit yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah ini, diakui Cristian, memang belum sesuai harapan sebab animo masyarakat kurang.

Hal ini, kata dia, disebabkan terlambatnya anggaran turun dari pemerintah serta anggaran minim yang menyebabkan pihaknya terpaksa memangkas beberapa kegiatan

“Rencana sebelumnya donor darah sekaligus pembagian sembako dilaksanakan di Teluk Humboldt dengan target 500 warga. Bahkan kita sudah umumkan ke masyarakat, tapi karena dana dipangkas ditambah lagi danannya terlambat turun, sehingga kegiatannya kita alihkan ke Terminal Taman Mesran),” terangnya.

Cristian menambahkan, selain kegiatan donor darah, sehari sebelumnya pada 7 Agustus 2018, pihaknya juga telah melakukan curve (kerja bakti) membersihkan Taman Makam Pahlawan serta direncanakan pada 9 Agustus akan melakukan anjangsana ke rumah keluarga empat pahlawan yang berjasa dalam membebaskan Papua kembali ke NKRI dari tangan Pemerintahan Belanda.

“Ini masih direncanakan. Kita akan koordinasikan dengan koordinator terkait anjangsana ke rumah empat pahlawan yaitu Silas Papare, Frans Kaisiepo, dan lainnya,” tandasnya. (ing/dm)

LEAVE A REPLY