JAYAPURA (PT) – Festival Teluk Humboldt ke 10 secara resmi ditutup Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, Selasa (7/8/2018).

Berbagai perlombaan maupun kuliner dan karya budaya Port Numbay telah ditampilkan. Bahkan tercatat sekitar enam ribu pengunjung selama tiga hari berlangsungnya FTH.

Wali Kota Jayapura menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura karena selama festival berjalan hingga penutupan tidak pernah melihat pengunjung membuang sampah di Teluk Youtefa.

Kata Wali Kota bahwa sesuai visi dan misi Pemkot Jayapura dengan nilai-nilai kearifan lokal, menampilkan tatanan adat di kampung.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan sebesar besarnya kepada para Ondoafi yang telah menjaga tatanan adat,” imbuhnya.

Tak lupa juga Wali Kota memyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua Paguyuban yang berada di Kota Jayapura yang telah menyatu menjaga Kota Port Numbay.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Matias B Mano mengatakan, even ini mendapat apresiasi oleh masyarakat seluruh Kota Jayapura bahkan pengunjung dari luar kota.

Diakuinya, dari data Dinas Pariwisata Kota Jayapura bahwa para pengunjung FTH tahun 2018 tercatat lebih banyak dibandingkan FTH tahun 2107 lalu.

“Pengunjung wisatawan lokal selama 3 hari sebanyak 6 ribu orang .
Ini target kunjungan wisatawan asing sebanyak 200 wisatawan. Jumlah stand sebanyak 30 dari 10 kampung, PAD selama 3 hari transaksi sebesar Rp 300 Juta,” bebernya.

 

Ia menamnahkan, Kementerian Pariwisata akan menjadikan FTH ke 11 mendatang masuk dalam kategori 100 even wisata monderfull. (ket/dm)

LEAVE A REPLY