JAYAPURA (PT) – DPRP menerima kunjungan Wakil Rektor Everett University Amerika Serikat.

Kunjungan tersebut diterima Ketua DPR Papua, DR. Yunus Wonda, MH bersama Ketua Komisi V DPR Papua, Yan Permenas Mandenas, S.Sos, M.Si di ruang VIP DPR Papua, Selasa (14/8/2018).

Ketua Komisi V DPR Papua menjelaskan, maksud kunjungan dari Wakil Rektor Everett University Amerika Serikat itu bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan khususnya di Everett University, termasuk menindaklanjuti kerjasama yang telah dibangun Biro Otsus Provinsi Papua.

“Dalam pertemuan itu mereka menyarankan kita untuk menciptakan sebuah sistem dalam merekrut dan menyeleksi calon mahasiswa Papua yang akan dikirim keluar Papua untuk studi,” ungkap Yan Mandenas.

Yan menjelaskan, tentunya dengan standar yang diinginkan Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka mengisi jurusan tertentu di Everett University yang selanjutnya akan dididik dan dibina.

Sehingga mahasiswa Papua itu nantinya dapat menyelesaikan studi dan kembali mengabdikan diri di Papua maupun di Indonesia secara keseluruhan.

“Kami akan melakukan kunjungan balasan ke University melalui Komisi V. Alasannya karena mereka sudah tiga kali berkunjung ke Papua, sehingga ini menunjukkan keseriusan mereka untuk membangun kerjasama dengan Pemda Papua di bidang Pendidikan,” jelasnya.

Kemudian, pihaknya sudah mengambil kesimpulan untuk mendorong agar evaluasi kerjasama yang sudah berjalan agar ditingkatkan 1 level
kemudian ditandatangani nanti oleh Gubernur Papua defenitif.

“Kita berpikir bahwa kalau kerjasama pendidikan dengan efektif dalam jangka waktu yang lama, maka saran dari Wakil Rektor, apa artinya pasti juga bahwa Papua sudah harus membuat sebuah sistem yang baik,” tandasnya. (ara)

LEAVE A REPLY