TOLIKARA (PT) – Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE, M.Si menjadikan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 tahun sebagai momentum kebangkitan Kabupaten Tolikara menjadi yang terdepan.

Mengangkat harkat dan martabat seluruh masyarakat Tolikara yang maju, unggul dan mandiri, berdiri diatas kaki sendiri (berdikari) tidak bergantung kepada yang lain.

Hal itu ditegaskan Bupati Tolikara usai upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 tahun di Lapangan Merah Putih Karubaga, Jumat (17/8/2018).

“Bupati dan Wakil Bupati mengharapkan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Tolikara supaya bersatu berpartisipasi bersama–sama membangun Tolikara menjadi yang terdepan,” tegas Ujar Bupati Wanimbo.

Dikatakan, berbagai aspek pembangunan yang ada di Tolikara dapat ditingkatkan menjadi sebuah kabupaten yang terdepan.

Terutama dalam rangka meningkatkan pengembangan sumber daya manusia diberbangai tingkatan.

Kemudian pengembangan sumberdaya manusia menjadi perhatian utama Pemerintah Tolikara saat ini.

Perdagangan bebas Asia Tenggara sudah berjalan dan semua lembaga pemerintah dan swasta berlombah mencari orang–orang yang berkompoten di berbangai bidangnya untuk bekerja sesuai dengan keahliannya.

“Untuk menghadapi persaingan era dunia bebas atau era globalisasi itu, Pemerintah Tolikara perlahan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan bermutu tinggi di berbagai tingkatan. Seperti pendidikan berpola asrama dari TK, SD yang sudah berjalan,” terangnya.

Kedepan untuk SMP dan SMA akan terus ditingkatkan

Selain itu, pengembangan di bidang usaha kecil menengah juga menjadi perhatian serius dimana saat ini Pemkab Tolikara setiap tahun terus memberikan pembinaan dengan memberikan modal usaha dan pelatihan usaha UKM.

Bidang lain seperti pertanian, peternakan, sosial budaya dan juga bidang pemerintahan juga menjadi perhatian utama.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat Tolikara bersatu bersama–sama mengembangkan dirinya untuk mampu bersaing dengan dunia luar,” ajak Bupati Usman.

Tak lupa juga ia mengajak masyarakat Tolikara bisa berdiri diatas kakinya sendiri tidak bergantung kepada pihak lain jika ingin mau maju.

Karena itu, Bupati Usman mengajak semua elemen harus meningkatkan diri. Karena kedepan di Tolikara bukan orang Tolikara saja yang bekerja di lembaga pemerintahan dan swasta tetapi orang dari luar negeri juga bisa datang bekerja di Tolikara.

“Kita harus siap dan mampu menghadapi era globalisasi saat ini,” imbuhnya. (Diskominfo Tolikara/dm)

LEAVE A REPLY