JAYAPURA (PT) – Wakil Walikota, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan, dalam pengelolaan arsip dibutuhkan orang yang memiliki kompetensi melalui pendidikan dan keterampilan.

“Ini penting, apalagi keadaan ini membantu meningkatkan SDM yang handal dan profesional,” ungkap Rustan Saru saat membuka acara Sosialisasi Kearsipan Kampung, Senin (20/8/2018).

Diakuinya, kearsipan adalah alat bukti yang sah sesuai dengan norma standar dan prosedur dan dapat di pertanggung jawabkan.

Oleh karena itu, pengelolaan kearsipan di pemerintahan kampung harus penanganan yang baik dan sistematis tepat serta akurat.

“Diharapkan para peserta benar-benar dapat memanfaatkan ilmu ini dengan baik dan meningkatkan SDM di lingkungan Pemkot Jayapura,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama dan Evaluasi Kearsipan Nasional, Kahim Sunjaja mengaku kearsipan sebagai pembinan nasional.

Dikatakan, sosialisasi kearsipan ini perlu memberikan pehaman pada peserta tentang mengelola arsip di tingkat kampung, terutama dana desa agar tidak terjadi penyimpangan,” pungkasnya. (ket/dm)

LEAVE A REPLY