JAYAPURA (PT) – Komisi V DPRP yang membidangi masalah kesehatan berharap supaya segala permasalahan yang terjadi di RSUD Jayapura segera diselesaikan.

Bahkan, lembaga perwakilan rakyat ini mendesak agar dalam waktu dekat sudah diselesaikan sehingga segala bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Mengenai masalah obatan-obatan,¬†kami sudah minta agar bagaimana caranya dalam waktu satu dua hari dalam minggu ini sudah harus terealisasi untuk ketersediaan obat di rumah sakit,” ungkap Ketua Komisi V, Yan P Mandenas.

Sedangkan untuk masalah jasa medis baik perawat dokter umum dan dokter spesialis termasuk dokter kontrak, pihaknya meminta agar secepatnya  diselesaikan paling lambat minggu depan, tidak boleh lagi ditunda tunda.

“Kami minta Plt. Direktur membentuk tim kecil melakukan verifikasi jasa pelayanan medis, baik dokter maupun perawat untuk segera dibayarkan, karena anggarannya ada. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak dibayarkan,” tegasnya.

Kemudian terkait dengan proses perencanaan dan keuangan di dalam rumah sakit, pihaknya meminta supaya lebih efektif dan harus segera diterbitkan Pergub penggunaan dana KPS.

Sehingga KPS ini bisa lebih fleksibel untuk mereka gunakan.

Namun khusus untuk jangka panjang dan menjawab kebutuhan yang masih kurang, pihaknya sudah meminta Plt. Direktur segera berkonsultasi dengan Pj. Gubernur dan Gubernur Definitif agar segera menunjuk konsultan guna merencanakan grand desain rumah sakit modern di Jayapura.

“RSUD Jayapura harus dikembangkan menjadi rumah sakit modern yang memang layak dan memenuhi syarat. Sehingga anggaran yang ada bisa maksimal untuk membenahi total rumah sakit itu,” imbuhnya. (ara/dm)

LEAVE A REPLY