SENTANI (PT)- Pengurus Masjid Agung Al Aqsha Sentani, Kabupaten Jayapura menerima 26 ekor sapi hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1439 H.

Pada tahun ini panitia menerima 26 ekor sapi. Baik itu dari pemerintah daerah, perorangan, maupun patungan dari ummat.

“Ya, Insha Allah semua disembelih hari ini di sini. Memang agenda tahunan kami dari pengurus masjid ini, setiap pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan pada hari H itu selalu kita selesaikan”, ujar Ketua Pengurus Masjid Agung Al Aqsha Sentani Nurdin Syanmas, ketika ditemui di Masjid Agung Al Aqsha, Rabu (22/8/2018)

Dijelaskan, Masjid Agung Al Aqsha menyediakan 1.000 kupon melalui masjid-masjid di sekitar Kota Sentani, untuk diteruskan kepada yang berhak menerima daging kurban di sekitar Masjid Agung Al Aqsha Sentani.

“Kalau kita melihat perkembangan kegiatan hari raya Idul Adha ini dari tahun ke tahun itu sangat meningkat, baik itu dari segi jamaahnya maupun kepedulian dan kesadaran untuk berkurban,” ungkapnya.

“Dari jamaahnya itu dari tahun ke tahun juga ikut meningkat, yang biasanya cuma (sholat) ied di depan pintu masjid namun sekarang ini sudah sampai ke halaman parkir”, ungkapnya menambahkan.

“Pengurus Masjid Agung Al Aqsha selama ini bekerjasama dengan pihak Gereja dalam hal pengamanan sholat Ied. Jadi, Alhamdulillah zona integritas kerukunan yang dicanangkan oleh pemerintah selalu kami kawal dan kebersamaan itu selalu ada”, imbuhnya.

Pemerintah daerah baik Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Bupati Jayapura masing-msing menyerahkan satu ekor sapi sebagai hewan kurban.

“Kalau dari pemerintah dalam hal ini Gubernur Papua serahkan 1 ekor sapi dan dari Bupati Jayapura juga menyerahkan 1 ekor sapi. Sementara untuk pendistribusian hewan kurban selain kepada jamaah Masjid Agung Al Aqsha, juga kami distribusikan ke umat beragama lainnya termasuk ke umat Kristiani yang ada di sekitar masjid agung”, bebernya.

“Juga karena posisi kami sebagai masjid agung maka kami mengcover masjid-masjid lain, yang tidak memadai dalam menerima hewan kurban. Sehingga kami akan mendistribusikan untuk membantu guna tercukupi kebutuhan jamaah di sekitar masjid akan daging hewan kurban tersebut”, tandasnya. (tm/rm)

LEAVE A REPLY