JAYAPURA (PT) – Hubungan TNI dan rakyat ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI.

Demikian disampaikan Dandim 1714/Puncak Jaya, Letkol Inf. Akmil Darmawi pada kegiatan anjangsana di Kampung Purleme, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Senin (27/8/2018).

Anjangsana kali ini dilaksanakan dikediaman Kepala Suku Besar Puncak Jaya, Yulenus Enumbi yang merupakan tokoh masyarakat yang disegani di Kampung Purleme.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan Kodim 1714/PJ sebagai bentuk komunikasi sosial antara TNI–rakyat.

Kolonel Inf. Sugiyono selaku peninjau kegiatan pembinaan teritorial terhadap masyarakat di Puncak Jaya mengatakan, TNI tidak akan mampu melaksanakan tugas pokoknya tanpa bantuan dan dukungan rakyat.

“Disinilah kami menemukan bahwa sebenarnya kekuatan TNI yang sejati adalah apabila bersama-sama dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

Diakuinya, dengan kegiatan anjangsana maka komunikaksi sosial dengan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dapat terjalin dengan baik.

Sehingga dapat mengajak masyarakat untuk bersatu agar terciptanya lingkungan yang aman, sehingga dapat membangun Papua bersama-sama.

Senada dengan itu, Dandim 1714/PJ mengatakan, keterbukaan saling berkomunikasi mudah-mudahan tidak ada jarak diantara TNI dan masyarakat.

“Suksesnya pembangunan di kampung ini selalu dipertahankan jangan sampai rusak dan harus dipelihara bersama-sama sehingga dapat dirasakan sampai anak cucu nantinya,“ tegas Dandim.

Sementara itu, Kepala Suku Besar Puncak Jaya Yulenus Enumbi, mengucapkan banyak terima kasih kepada rombongan Kodim 1714/PJ.

“Kami atas nama masyarakat mengucapkan banyak terima kasih semoga kebersamaan antara TNI dengan tokoh masyarakat kedepan semakin terjalin dengan erat dalam memupuk persatuan dan kesatuan,” katanya.

Acara diakhiri dengan pemberian tali kasih berupa sembako sebagai wujud ucapan terima kasih serta penghargaan kepada kepala suku atas jalinan silaturahmi antara TNI dan masyarakat. (jul/rm)

LEAVE A REPLY