JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menyiapkan atlet-atlet Papua menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua bakal menurunkan empat tim ke Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, M.Si mengatakan, tim yang diturunkan ke daerah-daerah bertujuan untuk memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bakal calon atlet-atlet Papua sekaligus memonitoring kejuaraaan di daerah dalam rangka persiapan pelaksanaan Trainning Center (TC) jelang PON XX.

Dijelaskan, dari empat tim tersebut, tiga tim bertugas memfasilitasi pemeriksaan kesehatan bakal calon atlit kontingen PON Papua yang tersebar di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

Sedangkan satu tim lainnya ditugaskan memantau dan memonitoring Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua yang berlangsung di Stadion Marora, Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dari Kabupaten Merauke, tim yang dinakhodai Ketua Bidang Sarana dan Prasarana, Benny Jensenem dan Abdul Azis Kilkoda selaku anggota bidang Litbang KONI Papua menginformasikan pemeriksaan atlet dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai hari ini, Kamis (30/8/2018) hingga Sabtu (1/09/2018) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.

“Dijadwalkan pemeriksaan selama tiga hari mulai hari ini (Kamis) dan kita harapkan Jumat dan Sabtu sudah bisa dipastikan untuk Kabupaten Merauke Selesai,” ungkap Jensenem didampingi Abdul Azis, Kamis (30/8/2018) di RSUD Merauke.

Abdul Azis menambahkan bahwa pemeriksaan melibatkan 96 atlet dari 12 Cabang Olahraga (Cabor).

”Untuk Merauke hari ini mulai dilaksanakan tes kesehatan sebanyak 35 atlet. Pihak RSUD memberi batasan hanya bisa 30-35 atlit per harinya,” katanya.

Sementara itu, tim KONI Papua untuk Kabupaten Mimika yang diketuai Wakil Ketua Bidang Organisasi, George Weyasu didampingi Wakil Ketua Bidang Data, Willem Karetji dan anggota bidang organisasi, George Kaiba menginformasikan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KONI Mimika dan Manajemen RSUD Mimika untuk pelaksanaan pemeriksaan atlet di daerah tersebut.

Dijadwalkan pemeriksaan kesehatan atlet di Kabupaten Mimika akan berlangsung pada hari Senin 3 September 2018 di RSUD Mimika dengan melibatkan 40 atlet.

“Tim sudah melakukan koordinasi dengan KONI Kabupaten Mimika serta melengkapi beberapa adminitrasi untuk keperluan tes. Kita bahkan sudah bertemu dengan Direktur RSUD Mimika untuk kegiatan pemeriksaan tersebut. Hari Senin (3/9/2018) baru dilakukan pemeriksaan sehubungan perlunya koordinasi petugas pemeriksa,” terang Willem Karetji.

Sedangkan pemeriksaan atlet di Kabupaten Biak Numfor dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari mulai awal pekan depan (3-5 September 2018) dengan jumlah atlit sebanyak 200 orang.

Mundurnya kegiatan tersebut disebabkan minimnya ketersedian peralatan dan bahan-bahan medis di RSUD Baik Numfor.

“Pemeriksaan dijadwalkan Rabu (29/08/2018) kemarin namun karena bahan-bahan formasi kimia yg biasa digunakan di Laboratorium Kesehatan terbatas di RSUD Biak,” kata anggota pembinaan prestasi, Drs.Noack Baransano didampingi Nico Dimo, SH selaku anggota bidang SDM mobilisasi KONI Papua.

Sementara itu, dari arena Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua yang berlangsung di Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Hingga Kamis (30/08/2018) telah digelar 40 nomor lomba terdiri dari nomor lomba lari kategori remaja, yunior dan senior serta nomor lomba lempar, tolak dan lompat.

“Monitoring di Kejurda Atletik ini akan menjadi bahan evaluasi KONI Papua untuk persiapan TC PON Papua,” tandas Benny Maniani, S.Sos selaku anggota binpres KONI Papua. (ans/rm)

LEAVE A REPLY