SENTANI (PT) – Polres Jayapura melakukan sosialisasi terhadap Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kabupaten Jayapura, untuk memberikan pemahaman kepada anggota yang tergabung dalam Tim Saber Pungli.

“Kita akan melaksanakan action mengambil penindakan hukum. Jadi untuk itu dilakukan sosialisasi sekali lagi untuk mencapai itu,” Kata Wakapolres Jayapura, Kompol. Iip Syarif Hidayat, SH di Aula Kantor Bupati Jayapura, Senin (10/9/2018).

Untuk itu, kata Wakapolres Syarif Hidayat, setelah dilakukan sosialisasi, tentu jika masih ada yang tidak tahu dan masih melakukan pungutan liar, maka bukan kesalahan dari Tim Saber Pungli ketika melakukan tindakan.

Diakui, sejak terbentuk Tim Saber Pungli, memang ada indikasi adanya pungutan liar di wilayah hukum Polres Jayapura, sehingga perlu adanya penindakan.

“Jadi, selama ini kita sudah lakukan sosialisasi dan akan dilakukan penindakan selanjutnya,“ katanya.

Ditambahkan, jika ada masyarakat ingin melaporkan, ketika mengetahui ada pungutan liar, dapat langsung ke sekertariat atau langsung saja ke Polres Jayapura atau polsek terdekat.

“Bisa melaporkan kepada Tim Saber Pungli yang ada di Kabupaten Jayapura atau bisa langsung ke contact person kepada Kabag Ops atau Tim Cyber yang dibentuk dan langsung ke Polres dan polsek,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos menambahkan, dengan adanya sosialisasi Saber Pungli ini memberikan dampak yang luar biasa, meningkatkan pemahaman aparatur sipil negara yang terkait dalam pelayanan publik di masyarakat.

“Kiranya hal ini akan memberikan satu efek keras, pelayanan yang lebih baik dan memberikan satu pemahaman terkait dengan aturan-aturan yang berlaku, sehingga apa yang dilakukan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat ini benar benar mewujudkan misi tata kelola pemerintahan yang bersih dan beribawa sehingga masyarakat pun akan mendapatkan satu pelayanan yang baik sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang sudah mengikat dan menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas,“ paparnya.

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tim yang ada, akrena ini mengacu pada regulasi yang sudah ditetapkan, peraturan bupati terkait dengan Tim Saber Pungli ini sudah menjadi keterpaduan semua unsur. (ai/rm)

LEAVE A REPLY