JAYAPURA (PT) – Lima kepala daerah di Provinsi Papua akan duduk bersama dengan Gubernur Papua dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) membahas kesiapan PON XX tahun 2020.

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin mengatakan, surat undangan untuk pertemuan itu sudah dikirim ke masing-masing kepala daerah.

“Pertemuan rencananya akan berlangsung Sabtu nanti dan akan dihadiri langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Papua,” kata Daud kepada wartawan, Rabu (12/9/2018).

Kelima kepala daerah itu, diantaranya Bupati Merauke, Bupati Mimika, Bupati Jayawijaya, Bupati Biak Numfor, Bupati Jayapura dan Wali Kota Jayapura.

“Kepala daerah yang kita undang adalah kabupaten/kota yang menjadi cluster penyelenggaraan PON XX tahun 2020,” ujarnya.

Menurutnya, semenjak gaung PON XX, Pemprov Papua belum pernah dilakukan rapat koordinasi khusus dengan kepala daerah dari lima cluster penyelenggaraan PON di Papua.

Oleh karena itu, dalam rapat itu, Bupati dan Wali Kota akan menyampaikan kesiapan tentang venue maupun akomodasinya.

“Dari pertemuan itu, nantinya diharapkan bisa mendapatkan informasi kesanggupan dari masing-masing daerah untuk bisa menyelenggarakan pertandingan cabang olahraga apa? Dengan demikian, dari kesanggupan dari masing-masing daerah, maka kita bisa mendapatkan komposisi cabang olahraga yang akan dipertandingan di PON XX tahun 2020 di Papua,“ paparnya.

Apalagi, kata Daud, sesuai perintah Gubernur akan direvisi juga cabang olahraga yang sudah diumumkan KONI Pusat, dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Selain itu, pihaknya akan menyampaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Pemprov Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua dalam kesiapan penyelenggaran PON.

“Perintah Gubernur untuk melakukan revisi komposisi dan personalia Panitia Besar (PB) PON XX tahun 2020, kemudian akan melantik SUB PB PON Merauke dan Biak,“ imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY