JAYAPURA (PT) – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju akan dilaksanakan di Kabupaten Mimika, akhir November 2018.
Sebanyak 18 kelas akan dipertandingkan untuk kelas putra dan putri.

“Ada 18 kelas dengan rincian 10 kelas putra dan 8 kelas putri,” ujar Ketua Bidang Pembinaan Dan Prestasi (Binpres) Persatuan Tinju Amatir Seluruh Indonesia (Pertina) Papua, Benny Maniani kepada wartawan di kantor KONI Papua, Kamis (4/10).

Benny Maniani mengatakan, untuk tanggal pelaksanaan yang pasti, pihaknya akan koordinasi dengan Wakil Bupati Mimika. Oleh karena itu, pihaknya mengajak Pertina kabupaten/kota untuk mempersiapkan para petinju untuk terlibat dalam kejurda ini.

Dikatakan, kejurda ini juga sebagai ajang penjaringan atlet sebagai ajang seleksi menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, tetapi juga persiapan kejurnas di Lampung pada Desember 2018.

Terkait dengan Pertina kabupaten menggunakan jasa petinju dari luar, mantan petinju ini mengaku, jika itu tidak masalah.

“Karena sifatnya kejuaraan daerah, maka tiap kelas hanya diisi satu petinju dari masing-masing Pertina kabupaten/kota dan dipersilahkan daerah menggunakan jasa petinju dari luar tanah Papua, tidak ada larangan. Namun, apabila petinju bersangkutan meraih prestasi dan dinilai layak, wajib membela Papua di PON,” ujarnya.(lam/rm)

LEAVE A REPLY