JAYAPURA (PT) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard J. Lamia, mengatakan saat ini sedang dilakukan perkuatan jalan di jalan alternatif dari Jayapura menuju ke Waena.

“Sebelum penutupan jalan, material sudah kami siapkan mulai dari tiang pancang dan rangka besi sudah siap semua. Tujuan dari itu agar pekerjaan di sana bisa lebih cepat,” kata Bernard Lamia saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (4/9).

Bernard Lamia menjelaskan kebutuhan atas transportasi jalan sangat penting, sehingga pihaknya mengambil langkah penyiapan material terlebih dahulu.

Alasannya, pihaknya terpaksa menutup jalan alternatif tersebut, karena sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintasi di jalan alternatif itu.

“Jadi, kami harapkan pengertian dari masyarakat agar bisa membantu kami dalam mempercepat proses perbaikan jalan alternatif tahap satu itu. Kami prediksi perbaikan jalan akan tuntas dalam satu bulan ini,” katanya.

Lebih lanjut, progres pengerjaan jalan alternatif itu, sampai saat ini sudah mencapai 40 persen dan untuk tahap dua di belakang Rumah Sakit Bhayangkara belum dikerjakan karena masih menunggu selesainya pekerjaan tahap awal terlebih dahulu.

“Teknisnya kita pasang tiang pancang dan dibuatkan para-para, selanjutnya dicor dan dirigit beton. Kami harapkan semua proses ini berjalan sesuai dengan jadwal agar tidak terjadi kemacetan, karena pengguna jalan menumpuk dan antri pada jam-jam sibuk seperti pukul 7 pagi dan 5 sore,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY