JAKARTA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH
mengatakan bahwa Pemprov Papua telah menyerahkan bantuan untuk bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah sebesar Rp 4 miliar.

“Kita menyampaikan turut berbelasungkawa atas peristiwa di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah dan secara resmi kita sudah serahkan bantuan,” kata Gubernur Lukas Enembe didampingi sejumlah kepala daerah usai bertemu Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Jakarta.

Menurut Gubernur Lukas, bencana gempa dan tsunami seperti ini menjadi peringatan bagi pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk Papua karena hampir setiap saat ada terjadi gempa.

“Kejadian ini, kami masyarakat Papua juga turut prihatin dan menyampaikan bela sungkawa. Untuk itu kami memberikan sumbangan atas peristiwa yang sudah terjadi,“ kata Gubernur Lukas Enembe.

Gubernur Lukas Enembe menambahkan bahwa tidak sekedar Palu baru dilakukan berbagai upaya mitigasi. Tetapi dengan kejadian seperti ini, maka pemerintah daerah termasuk di Provinsi Papua harus siap untuk mengantisipasi jika ada bencana.

Sekadar diketahui, gemba bumi dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah itu, mengakibatkan seribu lebih korban meninggal dunia, ribuan warga yang terluka dan kehilangan tempat tinggal. (rm)

LEAVE A REPLY