JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, SIP serta anggota KPU RI bersama beberapa pejabat utama dari Kodam dan Polda Papua memantau langsung pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 2 Distrik di Kabupaten Deiyai, Selasa (16/10).

Dengan menggunakan Helikopter, Kapolda Papua, Pangdam XVll/ Cenderawasih dan rombongan dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Deiyai yang disambut oleh Forkopimda Kabupaten Deiyai dan para tokoh masyarakat Kabupaten Deiyai.

Setelah penyambutan Kapolda, Pangdam dan rombongan dengan menggunakan Helikopter milik Polri mengecek langsung lokasi-lokasi yang melaksanakan PSU yaitu di Distrik Kapiraya dan Desa Diyai, Distrik Tigibarat, Kabupaten Deiyai.

Setidaknya, dalam pengamanan PSU ini, melibatkan sebanyak 55 personel yang tersebar di dua distrik itu. Memang dalam pengamanan ini, mereka terpaksa menggunakan transportasi udara yakni helikopter untuk sampai di dua distrik itu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, situasi pada saat pelaksanaan PSU di 2 distrik tersebut berjalan aman dan kondusif.

“Kami mengimbau kepada yang menang untuk dapat merangkul yang kalah untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Kabupaten Deiyai dan yang kalah harus menerima kekalahan ini dengan lapang dada dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban khususnya di Kabupaten Deiyai,” tegas Kamal.

Dikatakan, personel yang dilibatkan pada pelaksanaan ini akan melakukan pengamanan sampai dengan pleno penetapan di tingkat MK.

“Sampai sore hari ini pendistribusian logistik setelah pelaksanaan pemungutan suara ulang di 12 TPS yang berada di 2 desa itu, sudah dalam perjalanan dari desa menuju Distrik Kapiraya dan Distrik Tigibarat untuk selanjutnya besok dari Distrik akan didistribusikan ke KPU Kabupaten Deiyai,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY