JAYAPURA (PT) – Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM menyerahkan sejumlah kendaraan operasional kebersihan Kota Jayapura dan atribut perlengkapan kepada petugas kebersihan, Rabu (30/10).

Sejumlah kendaraan operasional kebersihan Kota Jayapura itu, diantaranya 2 unit truk pick up, 4 unit Dump truk, 4 unit truck pengangkut bak sampah (Amrol), 50 mesin potong rumput, 45 bak kontainer rehab, 15 bak kontainer baru dan sejumlah sarana perlengkapan kebersihan untuk petugas lapangan.

Pengadaan kendaraan operasional kebersihan Kota Jayapura itu, menggunakan dana DPA Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura tahun 2018 sebesar Rp 7.864.175.645.

“Kendaraan operasional kebersihan yang diberikan pada hari ini, agar dirawat, dijaga fasilitasnya dan digunakan sebaik baiknya,” pesan Wali Kota yang akrab disapa BTM ini.

Wali Kota BTM berharap seluruh fasilitas kendaraan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura agar diiventarisir seluruh kendaraan yang dibeli dengan uang rakyat.

“Selama 5 tahun pertama lakukanlah iventarisir kendaraan yang kita beli dengan uang rakyat, dimana kendaraan-kendaraan itu?,” katanya.

Wali Kota BTM secara tegas bakal menindak jika terdapat jika terdapat kendaraan dinas kebersihan yang disalahgunakan penggunaan kendaraan oleh pegawainya.

“Dalam lima tahun ini, saya tidak segan-segan mengambil kunci mobil itu,” tandasnya.

Selain itu, Wali Kota BTM juga mempertanyakan sarana kebersihan Pemkot Jayapura yang diberikan kepada warga di kampung-kampung, termasuk untuk menjaga kebersihan di area laut Teluk Youtefa, Jayapura.
Sebab, kata BTM, hal itu mendapat sorotan dari warga untuk menjaga kebersihan laut.

“Saya sudah beli speedboat, saya sudah beli jaring untuk bagaimana mereka mengumpul sampah-sampah yang ada di Teluk Humboltd, Teluk Youtefa, nanti mobil truk sampah yang menjemputnya,” imbuhnya.

Kepala Dinas lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Ir. Ketty Keilola menambahkan, jika dengan adanya penambahan kendaraan operasional untuk kebersihan, diharapkan para pekerja lebih bersemangat di lapangan dan lebih giat bekerja menjalankan tugasnya.

“Dengan adanya fasilitas penambahan kendaraan ini dapat mendukung visi misi pemerintah Kota Jayapura dalam program penanganan sampah dan pelestarian lingkungan,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY