TOLIKARA (PT) – Menjelang Sidang Raya Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) yang akan digelar di Bokondini, Tolikara, 22 Nopember 2018, BPL GIDI Wilayah Toli menggelar kegiatan Konferensi yang ke 10 di bakal calon Klasis Longgoboma, Distrik Longgoboma, Kabupaten Tolikara, Selasa (7/11).

Konferensi GIDI Wilayah Toli yang akan berlangsung hingga 9 Nopember 2018 itu, akan membahas sejumlah agenda penginjilan dan melakukan pemilihan kepengurusan GIDI Wilayah dan mengajukan beberapa nama calon Presiden GIDI untuk dipilih pada saat Sidang Raya yang akan digelar di Bokondini pekan depan.

Presiden GIDI Pdt Dorman Wandikbo, STh membuka kegiatan Konferensi GIDI Wilayah Toli ke 10, yang dihadiri Bupati Tolikara Usman G Wanimbo, SE, MSi dan Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom, SE, MM dan Staf Ahli Gubernur Papua, Simoen Itlay, Anggota DPR RI Willem Wandik, SSos dan dua anggota DPR Papua, Orwan Wanimbo dan Tamy Gurik, Forkompinda Tolikara dan para kader GIDI serta pemangku kepentingan lainnya.

Konferensi GIDI Wilayah Toli itu, diawali ibadah singkat yang disampaikan Presiden GIDI Pdt Dorman Wandikbo sesuai dengan Firman Tuhan perjanjian lama Hagai pasal 1 ayat 1 sampai 7 dengan memberi tema ‘Papua Cukup Sudah dengan Tuhan Yesus‘.

Pdt Dorman Wandikbo mengatakan jika firman Tuhan itu, mengajarkan untuk melihat keadaan diri sendiri, tidak melihat keadaan orang lain, suku lain, kelompok lain, bangsa lain, tetapi melihat keadaan diri sendiri dimana tinggal dan berada.

“Salah satu perilaku manusia yang paling sulit dan paling susah dalam dunia ini adalah melihat diri sendiri, bagaimana saya bicara dan bagaimana hubungan saya dengan sesama orang lain, juga bagaimana membina keluarga yang harmonis dan lainnya,“ kata Pdt Dorman Wandikbo.

Namun, kata Pdt Dorman, justru manusia lebih mudah menilai orang lain, suku lain dan golongan lain bahwa paling pintar, namun sulit menilai diri sendiri.

“Karena itu Firman Tuhan didalam Hagai mengajarkan kita untuk melihat diri kita sendiri terlebih dahulu. Begitu juga, Gereja GIDI awalnya lahir dibentuk di Tolikara oleh orang Tua kita dengan kondisi mereka saat itu dengan penuh keterbatasan, namun orang Tua kita meninggalkan kebiasaan buruk dan menerima ajaran Tuhan Yesus menginjili orang lain hingga sampai saat ini Gereja GIDI ada dimana – mana. Ini sangat luar biasa,“ katanya.

Pdt Dorman Wandikbo mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada kader-kader Gereja GIDI dan Gereja Baptis yang hadir dalam Konferensi GIDI Wilayah Toli ini.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Kerohanian, Simeon Itlay mengapresiasi tinggi kepada hamba-hamba Tuhan dengan penuh semangat melakukan penginjilan dimana-mana.

Menurutnya, semangat itu selalu dipegang oleh Gubernur Papua sebagai Kader GIDI dari Tolikara. Bahkan, Gubernur Lukas Enembe bersama Wakil Gubernur Klemen Tinal selalu menekankan pembangunan harus berpusat dari manusia dan harus berakhir dari manusia, artinya manusia Papua harus bangkit dari ketertinggalan, keterisolasian dan keterbatasan dengan melakukan berbagai inovasi baru yang mampu meningkatkan pertumbuhan kerohanian yang menyeluruh di tanah Papua yang diberkati Tuhan ini.

“Kita manusia Papua, Suku Lany, Hubla dan Yali, kita harus sama dan menjalin persaudaraan dalam satu iman didalam Tuhan kita Yesus Kristus. Membangun kebersamaan antar sesama Denominasi Gereja sangat penting dilakukan untuk kemajuan kerohanian kita bersama,“ imbuhnya.

Ketua Panitia Konferensi, Ny Willem Wandik Flasi melaporkan jika sumbangan dalam kegiatan itu sudah diterima dari Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo sebesar Rp 500 juta dan Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom memberikan sumbangan 24 ekor babi dan Anggota DPR RI Wilem Wandik memberikan sumbangan Rp 500 juta dan juga pimpinan OPD Tolikara memberikan sumbangan 47 ekor babi dan dari kader GIDI lain juga memberikan sumbangan berupa uang dan babi serta ayam dan sumbangan lainnya.

“Lebih dari 700 orang hamba Tuhan dari 25 Klasis dan beberapa bakal calon Klasis mengikuti kegiatan Konferensi GIDI Wilayah Toli ini,“ katanya.

Pada kegiatan itu juga Presiden GIDI Pendeta Dorman wandikbo meresmikan beberapa bangunan Kantor bakal Klasis Longgoboma dan beberapa bangunan Aula serta gedung lainnya. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY