JAYAPURA (PT) – Bupati Mappi, Kapolres Mappi bersama Muspida Kabupaten Mappi menyambangi daerah pesisir, yakni Kampung Sumuraman yang warganya didominasi oleh nelayan, Sabtu (17/11).

Kunjungan itu, bertujuan untuk melakukan silaturahmi bersama dengan warga setempat. Selain itu, untuk ajang sosialiasi Pilkada damai pada pemilihan Legislatif dan Presiden 2018-2019 yang sedang dalam pentahapan.

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Dhana Aryawan SIK, MIK menjelaskan, kehadiran polisi disini adalah bentuk kepedulian dan juga bagian dari tugas kepolisian umumnya untuk selalu dekat dan tahu keluhan masyarakat, terutama menyangkut keamanan yang memang menjadi tugas Kepolisian.

“Selain itu, tentang pentingnya masyarakat berperan aktif dalam menciptakan Pemilu damai di Mappi, dengan pelaksanaan Pilkada damai, masyarakat dapat dengan nyaman memilih calon sesuai dengan hati nurani masing-masing,” ucapnya.

Kapolres meminta masyarakat agar saling menjaga situasi Kamtibmas dan meminta agar potensi alam yang ada harus dimanfaatkan secara baik dan berkelanjutan, karena potensi di wilayah Sumuraman, Kabupaten Mappi ini sangat kaya akan penghasilan ikan laut, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

“Pekerjaan nelayan tidak hanya merupakan profesi untuk mencari nafkah bagi keluarga, namun juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan bagi masyarakat terkhusus asli di Kampung ini. Karena potensi dari hasil laut di kampung ini, harus menjadi penopang hidup mayoritas masyarakat,” katanya.

Kapolres menambahkan, jika masyarakat seperti itu, pastinya pemerintah akan berupaya dengan memberi perhatian, menempatkan mereka sebagai dalam rantai produksi, karena masyarakat aktif melakukan penangkapan ikan, namun tidak memiliki kemampuan untuk menentukan harga karena masalah keterbatasan pasar dan alat tangkap ikan.

“Jadi, dibutuhkan stakeholder untuk mendorong kegiatan ini dengan menyediakan hal-hal yang sederhana, tetapi tepat guna, dan positif,” imbuhnya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY