JAYAPURA (PT) – Dalam rangka pembinaan teritorial di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 02 Biak Utara Jajaran Kodim 1708/BN Sertu Nursi melaksanakan Komunikasi Sosial sekaligus mensosialisasikan penerimaan prajurit TNI AD kepada warga Kampung Dofyo Wafor, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Kamis (22/11).

Kegiatan pemberian sosialisasi kepada warga binaan itu bertujuan untuk membangkitkan minat untuk menjadi anggota TNI kepada putra maupun putri dari warga Desa Dofyo Wafor.

Sertu Nursi mengatakan, sesuai fungsi dan tugasnya selain perang yakni melaksanakan kegiatan teritorial berupa Komsos dan Binter, yang salah satunya mensosialisasikan tentang pembukaan penerimaan prajurit TNI AD untuk wilayah Kabupaten Biak Numfor.

Sertu Nursi menjelaskan tentang persyaratan penerimaan TNI AD yaitu dengan mendaftarkan secara langsung ke Ajenrem 173/PVB dan membawa segala persyaratan pendaftaran sesuai ketentuan dari TNI AD.

“Jika warga mempunyai seorang anak yang mempunyai minat untuk mendaftar sebagi calon anggota TNI AD tidak usah sungkan-sungkan untuk bertanya ke Koramil atau ke Kodim, apabila ada yang berminat menjadi prajurit TNI AD para Babinsa siap membantu mengarahkan para calon untuk menjadi Prajurit TNI AD, baik laki-laki maupun wanita,” kata Nusri.

Dikatakan, adapun persyaratan yang harus disiapkan, berupa Administrasi Ijasah, kesehatan dan fisik yang prima, tidak ada pungutan biaya selama mendaftar, hal itu mendapat respon positif dari para warga.

“Pemberian sosialisasi ini memang harus segera diberikan kepada warga masyarakat, mengingat bahwa pendaftaran penerimaan menjadi calon anggota TNI AD banyak menerima calon-calon pendaftar dari masyarakat pribumi khususnya masyarakat asli Papua, sesuai dengan perintah dari Komando Atas,” katanya.

Ia menambahkan, Babinsa akan selalu memberikan arahan dan membina kepada anak-anak muda yang berkriteria menjadi prajurit TNI AD, mulai dari pembinaan fisik, mental maupun pembinaan kerohaniaan, agar para peminat nanti pada saat waktu pendaftaran dan awal mulai dilakukan tes akan lebih siap mental dan fisik serta kesehatannya.

Sementara itu, salah satu warga mengatakan bahwa dirinya sangat senang adanya sosialisasi seperti ini sehingga ia dan warga lainnya mengerti, yang sebelumnya bingung dengan cara pendaftaran menjadi calon TNI, karena yang bersangkutan tinggal di perkampungan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah memberikan semangat kepada orang tua untuk menempuh cita- cita putra-putrinya untuk menjadi anggota TNI AD,“ katanya. (jul/rm)

LEAVE A REPLY