“Meky Nawipa-Oktovianus Gobay Resmi Dilantik Jadi Bupati dan Wabup Paniai”

PANIAI (PT) – Capt. Pilot. Meki Nawipa dan Oktovianus Gobay resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Paniai periode 2018-2023 oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH, Jumat (23/11/2018) di Kantor Bupati Paniai.

Sejumlah pejabat tampak hadir pada acara pelantikan tersebut, seperti Kapolda Papua, mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih.

Selain itu, Bupati Puncak, Puncak Jaya, Yahukimo, Intan Jaya, Deiyai, Pegunungan Bintang dan Biak Numfor, Mimika.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan, sesuai aturan pelantikan Bupati sejatinya dilaksanakan di ibukota Provinsi termasuk pelantikan Gubernur yang dilakukan di Istana Negara dan langsung dilantik oleh Presiden.

“Tapi karena permintaan Bupati dan masyarakat Paniai, akhirnya saya selaku Gubernur menyuratĀ ke Presiden lewat Mendagri untuk minta persetujuan agar Bupati dilantik dan akhirnya disetujui di Paniai,” kata Gubernur.

“Saya maunya cepat dilantik supaya roda pemerintahan bisa berjalan dan pelaksanaan pembangunan segera berjalan juga. Walau sebenarnya ini pelanggaran, tapi karena sudah dapat ijin jadi harus segera dilantik. Ini yang kedua kali dilantik di daerah setelah sebelumnya di Puncak Jaya. Tentunya ini keuntungan bagi masyarakat Paniai, ” terang Gubernur.

Menurutnya, banyak peristiwa yang telah dilewati selama proses pilkada berlangsung. Apalagi, hanya ada dua kandidat yang bertarung.

“Mau dapatkan suara itu susah. Tapi inilah hasil pilihan rakyat masyarakat paniai. Dengan demikian Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik kini telah menjadi milik masyarakat Paniai,” ujarnya.

Gubernur mengimbau agar tidak lagi terjadi perpecahan kelompok di masyarakat antara pendukung pasangan calon saat pilkada.

“Tidak boleh lagi ada perpecahan. Bupati dan Wabup sekarang jadi pemimpin untuk seluruh masyarakat Paniai,” imbaunya.

Iapun tak lupa berpesanĀ agar Bupati dan Wabup dapat menjaga kepercayaan rakyat selama memimpin untuk lima tahun ke depan demi membangun Paniai yang lebih baik.

“Jaga kepercayaan masyarakat dan berikan yang terbaik. Jangan jadi Bupati yang tidak disenangi itu bahaya karena bisa menimbulkan konflik di masyarakat. Harus rangkul semua lawan lawan politik saat pilkada,” pesan Enembe.

Diakuinya, ini merupakan sejarah seorang pilot di Indonesia dilantik menjadi kepala daerah di usia yang terbilang muda yakni 40 tahun.

“Saya berharap Bupati dapat melanjutkan pembangunan yang akan atau telah dilaksanakan oleh Bupati sebelumnya dan tetap jaga keutuhan NKRI,” harapnya.

Selain itu, Gubernur juga menekankanĀ  kepada Bupati agar tidak meninggalkan tugas seenaknya.

“Bupati mau kemana harus lapor ke Gubernur. Jangan keluarkan ijin sembarangan seperti ijin tambang itu harus dikeluarkan Gubernur,” tekannya.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten Paniai oleh Ketua TP PKK Provinsi, Ny. Yulce Enembe.

Kemudian dilanjutkan acara ibadah syukur dan makan bersama. (rm)

LEAVE A REPLY