JAKARTA (PT) – Kontingen Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Papua mampu unjuk gigi dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak yang berlangsung di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta, 23-28 November 2018.

Atlet Perbakin Papua berhasil menorehkan prestasi dengan meraih 1 medali emas dan 1 medali perak pada Kejurnas itu, yang berlangsung cukup ketat itu.

Sekretaris Umum (Sekum) Perbakin Papua, Sopoyono, mengatakan, medali emas bagi tim menembak Papua diperoleh dari kelas beregu putra 50 meter pron Men 3 position atas nama Farid Prayudha, Irawan Saputra dan Andri Maulana.

Untuk medali perak diraih atlet Jawa Timur dan perunggu diraih regu menembak Jawa Barat.

Sedangkan medali perak, lanjut Sopoyono, diraih atlit Farid Prayudha di nomor 50 meter rifle 3 position men.

Di nomor itu, atlit Jawa Barat atas nama Trisnarmant berhasil meraih medali emas dan medali perunggu diraih atlet Kriswantoro dari Perbakin Jawa Timur.

“Di nomor ini, dua atlit Papua yakni Farid Prayuda dan Irawan Saputra berhasil masuk ke babak final, namun Farid yang berhasil medali perak, sedangkan Irawan hanya mampu berada diposisi kelima,” kata pelatih Perbakin Papua, Nanik.

Kontingen Papua pada Kejurnas kali ini mengirimkan 8 atlet putra-putri yang turun pada empat nomor lomba yakni 10 meter air rifle women, 10 meter air rifle man, 10 meter air rifle youth dibawah usia 18 Tahun, Perorangan dan Beregu 50 meter rifle 3 positions men.

Perbakin menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak 2018 selama enam hari pada 23–28 November 2018 di Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta Pusat. Sebanyak 405 atlet yang telah terverifikasi dari 26 provinsi di Indonesia turut serta dalam ajang ini.

Nomor yang dipertandingkan di kejurnas ini, diantaranya 10 meter air rifle, 50 meter rifle 3 position, 10 meter air pistol, 25 meter rapid fire pistol, dan 50 meter pistol untuk kategori putra. Lalu, 10 meter air rifle, 50 meter rifle 3 position, 10 meter air pistol, dan 25 meter pistol untuk kategori putri.

Kemudian untuk kategori campuran, ada dua nomor, yakni rifle dan pistol.

Selain mengikuti Kejurnas menembak, Kontingen Perbakin Papua yang dipimpin langsung Ketua Perbakin Jhon Banua Rouw, SE juga mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) yang berlangsung di Jakarta, 30 November-2 Desember 2018.

Munas ini sekaligus menjadi momentum untuk pemilihan ketua umum dan kepengurusan PB Perbakin yang baru periode 2018-2022.(ans/rm)

LEAVE A REPLY