JAYAPURA (PT) – Guna menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga agar tak melonjak tinggi menjelang peryaaan Natal tahun2018, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM memimpin Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan inspeksi mendadak (sidak).

Sidak ini, dilakukan di Pasar Youtefa Abepura, Hypermart Tanah Hitam, Saga Abepura dan Agro Segar, Kamis (6/12). Sidak ini, juga diback up oleh BPOM Jayapura, Bank Indonesia, Disperindagkop, Bappeda dan Satpol PP Kota Jayapura.

Wawali Rustan Sarru mengatakan, jika sidak ke pasar tradional maupun modern di Kota Jayapura itu, untuk menjaga kestabilan harga di pasaran.

Wawali Rustan Sarru memantau langsung harga komoditi sembako mulai dari ikan, cabe, beras, telur, daging ayam, sayuran, rempah rempah dan makanan siap saji.

Diakui, harga yang melonjak diantaranya ikan ekor kuning dan ikan cakalang hampir dua kali lipat dari harga sebelumnya, bahkan ada yang menaikan harga dari Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

“Bukan hanya itu saja, harga telur ayam mengalami kenaikan harga sedikit dari Rp 2.000 menjadi Rp 2.500, bahkan yang paling melonjak tinggi yakni cabe rawit dari Rp 60.000 menjadi Rp 80.000 per kilogram, bawang merah, sayur, beras, minyak goreng harganya normal,” ungkapnya.

Di Saga Mall Abepura, ada beberapa barang yang mengalami kenaikan harga, termasuk telur lokal Rp 3.000 perbutir dan telur antar pulau harganya Rp 2.500.

Ia meminta managemen Saga Mall untuk dilakukan sistem pembelian yang lebih cepat dengan cara membuat stock sebelum natal, hal ini guna mencegah kehabisan stock dan kenaikan harga.

Sementara itu, di Agro Segar Abepura, harga cabe rawit diketahui melonjak, sedangkan harga telur lebih murah Rp 2.200 per butir.

Usai sidak, Wawali Rustan Sarru mengatakan, jika komoditi pasar ada tiga hal yang perlu diintervensi seperti ikan, cabe dan telur.

“Ini menjadi perhatian Pemkot Jayapura bersama Bulog dan TPID saat operasi pasar menjelang hari besar keagamaan,” ujarnya.

Rustan Sarru menambahkan menjelang natal dan tahun baru stok sembako di gudang Hypertmart, Saga Mall dan Agro sangat cukup bagi masyarakat di Kota Jayapura. (ket/rm)

LEAVE A REPLY