JAYAPURA (PT) – Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH melalui Kapolsek Okaba Iptu Ary Priamgodo dan Kapolsek Tanah Miring Ipda Harapan Purba beserta anggotanya melaksanakan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), stop hoax atau berita bohong dan upaya untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), Selasa (8/1).

Bertempat di Koramil Okaba dan SMK Negeri I Tanah Miring telah dilaksanakan kegiatan tersebut dimana yang di Distrik Okaba di hadiri oleh Danramil okaba dengan anggotanya, Linmas Distrik Okaba, Danpos beserta anggota dan tokoh masyarakat.

Kapolsek Okaba Ary Priamgodo memberikan arahan agar setelah dilaksanakan sosialisasi Saber Pungli di Distrik Okaba tidak ada lagi pungutan liar.

Sosialisasi Saber Pungli disambut positif dari instansi lain maupun dari warga masyarakat Okaba. “Jika menemukan pungli bisa melapor via wa/sms. 082248273216, email saberpunglipapua@polri.go.id,” imbuhnya.

Kapolsek Ary Priamgodo memastikan jika data atau identitas pelapor Pungli akan dirahasiakan, sehingga ia meminta masyarakat untuk tidak ragu melaporkannya.

“Kami juga imbau masyarakat jangan mudah percaya berita hoax dan marilah kita bersama-sama menjaga situasi kamtibmas dan toleransi menjelang Pileg dan Pilpres 2019,” imbuhnya.

Sedangkan di Distrik Tanah Miring, sosialisasi dipusatkan di SMKN I Tanah Miring, yang di Hadiri Kepala SMKN I Tanah Miring, dewan guru dan staf dan anggota Polsek Tanah Miring.

Kapolsek memberikan arahan agar dalam melaksanakan kurikulum di sekolah dan untuk membangun Papua lewat pendidikan dan menyiapkan SDM dan tenaga kerja yang siap pakai supaya tidak melakukan pungli.

“Kita harus memulai dan menanamkan dari sekarang baik dalam proses belajar di dalam kelas maupun praktek di lapangan, karena SMK adalah sekolah kejuruan dimana pelajar nantinya kalau tidak melanjutkan pendidikannya dia sudah siap kerja,” jelasnya.

Kapolsek mengajak jika ada yang mengetahui atau melihat ada yang melakukan pungli dapat melaporkan kepada kepolisian terdekat.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri I Tanah Miring menyampaikan ucapan terimakasi kepada Polsek Tanah Miring atas sosialisasi stop pungli pada awal mulainya proses belajar mengajar di awal tahun 2019. (jul/rm)

LEAVE A REPLY