JAYAPURA (PT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua mulai melakukan persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Kali ini, KONI Papua panggil 11 Cabang Olahraga (Cabor) beladiri dan gelar rapat bersama di ruang rapat KONI, Kamis, (10/1), menjelang tes parameter I.

“Dalam pertemuan tadi yang dibahas itu pemusatan latihan yang mereka sudah lakukan selama tiga bulan ini, sebelum kita masuk pada tes parameter I nanti,” ujar Koordinator cabor Beladiri Bidang Prestasi (Binpres) KONI Papua, Beny Maniani kepada Pers usai pertemuan.

Beny mengatakan, dalam TC berjalan, ada cabor yang menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) maupun mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas), sehingga tentu ada jatah promosi dan degradasi bagi para atlet.

Untuk itu, perlu dilakukan verifikasi kembali nama-nama atlet dari masing-masing cabor.

“Jadi, sebelum masuk agenda kerja 2019, kita harus verifikasi ulang atlet, baik atlet yang melakukan TC di Jayapura maupun di luar Papua,” ucapnya.

Terkait dengan tes parameter I, lanjut Beny, Binpres KONI Papua akan melakukan koordinasi dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

“Nanti kita akan rapat dengan FIK Uncen, apa saja aspek atau item yang akan dipakai dalam tes parameter ini, apakah sama dengan tes fisik sebelumnya,” tandasnya.

Ditambahkan, Binpres Papua kembali akan memanggail cabor permainan, Senin depan.

“Semua cabor akan diverifikasi ulang, karena ini akan berkaitan dengan anggaran pemusatan latihan ke depan,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY