JAYAPURA (PT) – Setelah sempat tertunda, akhirnya lima Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR Papua) Pergantian Antar Waktu (PAW) resmi dilantik oleh Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda.

Pelantikan PAW ini dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPR Papua dalam rangka pengucapan sumpah/janji pengganti antar waktu anggota DPR Papua sisa masa jabatan 2014-2019 yang berlangsung di ruang sidang DPR Papua, Jumat (11/1) malam.

Kelima anggota DPR Papua PAW yang dilantik itu, diantaranya dua kader Gerindra yakni Irenius Liku Bolly akan menggantikan Yanni dan Ronald Engko menggantikan John Ibo.

Sementara itu, dua dari Partai Hanura yang dilantik diantaranya Letinus Jikwa menggantikan Yan P Mandenas, Inosentia Gebze menggantikan Stefanus Kaisiepo dan Adolfina Dimara menggantikan Wilhelmus Pigai.

Setelah pelantikan Ketua DPR Papua, Yunus Wonda kepada Wartawan mengatakan, pihaknya hanya melaksanakan putusan Menteri Dalam Negeri untuk proses pelatikan anggota DPR Papua PAW ini.

“SK yang sudah ada, sehingga pimpinan DPR mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pelantikan anggota DPR Papua PAW,” jelasnya.

Namun, Politisi Partai Demokrat ini menegaskan jika ada persoalan ada yang tidak setuju atau keberatan, agar diproses sesuai aturan, namun pimpinan DPR Papua berkewajiban untuk melaksanakan SK Mendagri.

Apalagi lanjut Yunus Wonda, SK Mendagri tidak keluar begitu saja, karena pasti ada persyaratan dan lampiran-lampiran dan akhirnya keluarlah SK tersebut.

“Jadi, jika ada yang tidak setuju dengan pelantikan PAW ini, lalu kemudian salahkan pimpinan, saya rasa itu keliru dan silahkan kalau mau proses, silakan proses SK Mendagri dan silahkan juga proses keputusan dari Partai,” tandas Yunus Wonda.

Hal senada dikatakan Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen jika pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji PAW lima anggota DPR Papua telah dilaksanakan.

“Ini adalah salah satu tugas konstutisional yang diamanatkan oleh UU 23 tahun 2014 yang harus kita laksanakan,” ujar Hery.

Untuk itu, kata Sekda Hery Dosinaen, atas nama Gubernur dan seluruh jajaran Provinsi Papua memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh DPR Papua.

Hery Dosinaen menambahkan, tentunya lewat mekanisme proses yang telah di amanatkan oleh UU sehingga bisa melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggoat DPR Papua PAW ini,

“Kami eksekutif juga meyampaikan selamat kepada lima anggota PAW yang sudah dilantik pada hari ini. Selamat bertugas dan membawakan amanat rakyat di lembaga ini,” imbuhnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY