JAYAPURA (PT) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard Lamia mengimbau warga kota untuk tetap waspada karena prakiraan cuaca 3 bulan ke depan jika curah hujan masih ekstrim.

“Hujan 3 bulan ke depan diatas rata-rata normal dan ini yang menyebabkan banjir di Kota Jayapura beberapa hari lalu. Selain hujan diatas rata-rata, ada hujan yang cukup ekstrim,” kata Bernard Lamia, Senin (14/1).

Apalagi, kata Bernard, sesuai prediksi dari BMKG Jayapura masih ada hujan dan cenderung ekstrim, sehingga diharapkan warga tidak lengah dan tetap waspada jika terjadi hujan di Kota Jayapura.

“Imbauan ini kita khususkan kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana, lebih khusus di lereng gunung maupun warga yang tinggal di bawah kaki bukit,” katanya.

Ketika disinggung mengenai sosialisasi yang masih kurang, Bernard mengakui jika pihaknya kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat, hal ini disebabkan oleh anggaran yang terbatas.

“Anggaran yang kita punya sifatnya untuk kepentingan fisik, bukan untuk sosialisasi dan itu kita terima dari pusat. Sosialisasi ini sebenarnya dibebankan ke APBD, namun masih belum memadai dari sisi jumlah,” ujarnya.

Untuk itu, imbuh Bernard, perlu program sosialisasi terkait bencana baik longsor, banjir dan gempa.

“Khusus untuk gempa belum pernah kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat, padahal potensi gempa ini cukup tinggi di Kota Jayapura,” pungkasnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY