JAYAPURA (PT) – Sebanyak 24 tim meramaikan ajang Kejuaran Daerah (Kejurda) Bola Volly Indoor dan Pasir Piala Kapolda Papua Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Polda Papua bekerjasama dengan Pengrov PBVSI Papua digelar di GOR Waringin Kota Jayapura, Rabu (16/1).

Hadir dalam pembukaan acara itu, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs. Yakobus Marzuki, Kabinda Papua Brigjen TNI. AH Napoleon, Kepala BNN Papua, Brigjen Pol. Drs. Muhammad Abdul Kadir, M.Si.

Kemudian Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Janus Siregar, Wadanlantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Yeheskel Kantiandagho SE, MM, Kepala Pengandilan Tinggi Papua Setyawan Hartono SH, MH, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R.Urbinas, SH, SIK, Walikota Jayapura Dr Benthur Tomi Mano, MM, Ketua Panitia yang juga Kasat Brimobda Papua Kombes Pol J. Rontini, SIK, MSi dan para pejabat utama Polda Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Drs Martuani Sormin, MSi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol Drs. Yakobus Marzuki, berharap kejuaran Bola Volly Kapolda Papua Tahun 2019 ini, dapat dijadikan sarana konsolidasi organisasi, manajemen dan pembinaan prestasi, mengingat peserta turnamen merupakan pemain-pemain Bola Volly profesional yang ada di kabupaten/kota di Papua.

“Tujuan dari penyelenggaraan kejuaraan pada setiap cabang olahraga adalah selain untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan juga untuk menggali potensi atlet-atlet muda yang diproyeksikan ke event yang lebih tinggi,” kata Wakapolda.

Apalagi, lanjut Wakapolda, Papua menjadi tuang rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, sehingga kejurda ini menjadi momentum pencarian pemain-pemain bola volly terbaik bagi kontingen Papua, sehingga diharap menghasilkan pemain-pemain bola volly terbaik sebagai perwakilan tim dari Papua yang akan bertanding dalam PON 2020 nantinya.

“Tak tertutup kemungkin, akan lagir atlet muda dari daerah yang bisa dibanggakan bangsa Indonesia. Tentu saja bisa terjadi jika ada pemberdayaan, pendanaan, pelatihan dan pembinaan secara serius. Ini bisa jadi kebanggaan rakyat Papua, karena atletnya dapat bertanding di event Nasional bahkan Internasional,” katanya.

Ditambahkan, melalui pembinaan olahraga maka secara otomotis telah membangun peradaban dan perdamaian, sehingga sangat relevan jika dihubungkan dengan kondisi bangsa saat ini ditengah pasang surut dunia perpolitikan.

Wakapolda mengingatkan agar meningkatkan rasa kebersamaan, sportifitas, menjunjung tinggi fair play, memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk menuju Papua yang adil, makmur, damai dan sejahtera.

Kejuaran Daerah (Kejurda) Bola Volly Indoor dan Pasir di GOR Waringin Kota Jayapura Piala Kapolda Papua Tahun 2018 dalam rangka Seleksi Atlet PON XX Tahun 2020. Kejuaraan tersebut dilaksanakan selama 10 hari dari 15-25 Januari 2019. (jul/rm)

LEAVE A REPLY