JAYAPURA (PT) – Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Provinsi Papua, Pemkot Jayapura kini fokus untuk menata wajah Kota Jayapura, yang menjadi ibu kota Provinsi Papua.

Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomy Mano,MM mengakui jika memang Pemkot Jayapura akan lebih fokus dalam menata wajah Kota Jayapura.

Salah satu upaya menata wajah Kota Jayapura itu, kata Wali Kota yang akrab disapa BTM ini, dengan mengatasi banjir yakni menata draenase, keindahan kota, tempat-tempat wisata bahkan mendorong perekonomian rakyat.

“Kita akan dorong pengembangan ekonomi rakyat melalui mama-mama di kampung membuat souvenir. Wajah kota sendiri, seperti di APO akan dicat dinding warna warni,” kata Wali Kota BTM usai membuka acara Persekutuan Oikumene Merturia di Aula Sian Soor, Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (4/2).

Dikatakan, Pemkot Jayapura juga memiliki gedung dan lahan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan PON XX tahun 2020 khususnya di Kota Jayapura.

“Kita punya venue GOR Waringin, Lapangan Trikora, Lapangan Argapura, Lapangan Hamadi, Stadion Uncen, bahkan lahan kosong yang bisa dikembangkan untuk penginapan,” jelasnya.

Untuk itu, kata BTM, Pemkot Jayapura hanya menyiapkan venue dan penginapan nantinya akan diatur oleh PB PON XX Papua.

“Saya minta kepada dinas terkait yakni Dinas Pendapatan Daerah untuk mendata jumlah hotel dan berapa kapasitas penampungan yang berada di kota,” ujarnya.

Wali Kota BTM menambahkan, untuk Dinas Pertanian dapat mengembangkan daerah pertanian seperti lumbung padi dan sayur sayuran di Distrik Muara Tami dan Dinas Perikanan dapat menghitung berapa ton 1 bulan pendapatan dari sektor perikanan.

“Kita harus tau dapur umumnya PON XX dimana tempatnya dan Pemkot Jayapura dan semua rakyat tetap mendukung PON dilaksanakan,” imbuhnya. (ket/rm)

LEAVE A REPLY