SENTANI (PT) – Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua Road Show ke Sub PB PON cluster Kabupaten Jayapura dalam rangka memeriksa sejauh mana kesiapan dan progress yang dilakukan oleh Kabupaten Jayapura menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Tahun 2020.

Tim PB PON Papua di pimpin langsung oleh Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda, yang juga dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Sekda Jayapura, Dra. Hanna Salomina Hikoyabi, S.Pd, MKP, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura, Yan Yoku dan sejumlah staf PB PON XX dan staf Dispora Kabupaten Jayapura.

Usai kunker, Ketua PB PON XX Papua, Yunus Wonda mengatakan bahwa kesiapan penyelenggaraan PON XX yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura saat ini sudah sangat siap.

“Artinya, dari semua aspek mereka (Pemkab Jayapura) sudah sangat siap, tinggal bagaimana ke depan kita hanya tinggal membuat range jadwalnya soal apa saja yang akan dikerjakan, sehingga seluruh tahapannya bisa dipersiapkan dengan baik,” katanya di Grand Allison Hotel, kemarin.

Yunus Wonda mengungkapkan, kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk melakukan konsolidasi antara PB PON tingkat provinsi hingga ke Sub PB PON di kabupaten/kota yan ada di lima cluster di Provinsi Papua.

Ditanya wartawan soal apakah ada catatan khusus untuk Pemerintah Kabupaten Jayapura, Yunus Wonda kembali mengungkapkan bahwa tidak banyak hal yang menjadi catatan dalam seluruh tahapan yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

“Hanya satu, koordinasi yang belum baik antara dinas-dinas terkait di tingkat provinsi dan kabupaten, supaya kita sama-sama bisa bekerja sama, sehingga bisa berjalan secara simultan,” terangnya.

Yunus berharap agar kabupaten/kota lain yang juga turut menjadi tuan rumah pelaksanaan PON XX bisa mencontohi Kabupaten Jayapura yang telah menyisihkan APBD untuk membangun fasilitas yang akan di gunakan dalam pelaksanaan PON XX.

“Jika ada kekurangan baru kami yang ada di tingkat provinsi bisa menambah kira-kira apa yang masih kurang,” ujarnya.

Karena menurutnya, pada tahun 2019 ini yang dibangun Provinsi Papua di Kota dan Kabupaten Jayapura sudah hampir sebagain besarnya selesai.

“Di Kota dan Kabupaten Jayapura semua yang dibangun provinsi sudah hampir selesai, karena jumlah atlet yang paling banyak itu ada di Kota dan Kabupaten Jayapura juga,” paparnya.

Ditambahkan, jika di Kota dan Kabupaten Jayapura sudah bisa tercukupi terutama akomodasinya maka pihaknya menganggap hal lain tidak terlalu dibutuhkan.

“Jika sudah siap maka PON kapanpun bisa dilakukan,” katanya.

Ditambahkan, Kota dan Kabupaten Jayapura adalah pintu masuk dan akan menjadi pusat penyelenggaran PON XX mendatang, sehingga pihaknya memberikan apresiasi tertinggi kepada pemerintah setempat.

“Kesiapannya sudah sangat baik hanya tinggal kami yang ditingkat provinsi saja yang membangun koordinasi agar lebih baik ke depan,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY