JAYAPURA (PT) – Menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Oktober 2019 mendatang Jayapura, Papua, atlet pelajar Papua dari 20 cabang olahraga (cabor) sudah melakukan pemusatan latihan atau Training Center (TC) berjalan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin mengatakan, sejak Januari atlet Popnas Papua sudah melakukan pemusatan latihan.

“Atlet Papua yang dipersiapkan menuju Popnas, semua cabor sudah masuk dalam pemusatan latihan berjalan,” kata Daud Ngabalin kepada pers di Jayapura, Kamis, (21/2).

Daud mengatakan, sebagai tuan rumah, Papua punya target, yakni bisa meraih medali emas sebanyak-banyaknya dan masuk 10 besar. Oleh karena itu, sudah mulai TC berjalan.

Selama TC berjalan, kata Daud, atlet masih melakukan latihan di daerah dan diawasi langsung oleh pelatih. “TC terpusat untuk 20 cabang olahraga nanti bulan April mendatang di Jayapura,” katanya.

Dijelaskan, atlet Papua yang akan turun di Popnas didominasi atlet-atlet Pusat Pelatihan Latihan Pelajar (PPLP) Papua maupun atlet berprestasi di Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov).

Daud menambahkan, Papua akan minta kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait penambahan nomor di cabang olahraga tinju.

“Kita akan wildcard cabang olahraga tinju kelas 57 kg putri, karena Papua punya peluang untuk meraih medali emas di nomor tersebut,” imbuhnya.

Diketahui, Popnas 2017 di Semarang, Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara umum dengan mengumpulkan 58 medali emas, 45 perak, dan 54 perunggu. DKI Jakarta di urutan kedua dengan 56 emas, 44 perak, dan 43 perunggu dan Jateng berada di urutan ketiga setelah mengumpulkan 40 emas, 39 perak dan 55 perunggu. (lam/rm)

LEAVE A REPLY