JAYAPURA (PT) – Acara Millenial Road Safety Festival 2019 yang dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Papua mampu menghadirkan 75 warga dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, Sabtu (3/3).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Risma Martuani Sormin, Kasdam XVII Cendrawasih, Brigjen TNI. Irham Waroiham bersama ibu dan para pejabat utama Kodam, Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki bersama ibu, staf ahli Gubernur, Ani Rumbiak, pejabat BUMN, BUMD, swasta dan masyarakat.

Selanjutnya Gubernur BI Perwakilan Papua, Danlanud Silas Papare, Danlantamal X Jayapura, Bupati Keerom, M. Markum, Wakil Wali Kota Jayapura, H. Rustam Saru.

Kegiatan diawali dengan kegiatan jalan santai yang dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Yembise didampingi Kapolda Papua.

Dengan jarak rute start dari Kantor Gubernur, lampu merah Dok 2, GOR Cenderawasih, Porasko, putar didepan Mako Lantamal X Jayapura, Bank BI, Mall Jayapura, lampu merah Dok 2 dan kembali ke Kantor Gubernur serta pembentangan bendera merah putih dengan panjang 1.500 meter.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Papua mengajak, mari kita menyapa Presiden RI Ir. Joko Widodo dari warga di Papua, yang kedua kita menyapa kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian seta bapak Gubernur Papua, Bupati Keerom, Bupati Jayapura dan Walikota Jayapura.

“Puji syukur hari ini seluruh warga Millenial yang berada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom yang memiliki usia produktif yaitu mulai dari usia 16 sampai 35 tahun hadir untuk meramaikan acara ini,” kata Kapolda.

Diakui Kapolda Sormin, mobilitas yang cepat berdampak positif dan berdampak buruk apabila tidak dimanfaatkan dengan baik bisa menimbulkan kecelakaan, berdasarkan informasi kecelakaan menyebabkan 2,1 juta jiwa penyebab kematian dan di provinsi Papua sekitar lebih 300ribu meningal yang mana 60 persen korban nya adalah kelompok millenial.

“Mereka lupa karena jiwa muda sehingga mereka tertantang. Oleh karena itu, PBB membuat acara bagaimana agar meminimalkan kecelakaan oleh karena itu hari ini sebagai instruksi presiden agar melaksanakan millenial sehingga kita tidak menjadi korban kecelakaan,” terang Kapolda.

Kapolda mengatakan, tujuan presiden sederhana agar kelompok millenial tidak menjadi korban kecelakaan karena millenial adalah penerus bangsa dibawah pundak kalian bangsa ini ditentukan, oleh karena itu penyuluhan keselamatan lalu lintas perlu dan hari ini kita laksanakan millenial road safety festival.

“Papua tidak terpisahkan dari Indonesia Papua adalah Indonesia oleh karena itu jauhi miras sehingga dalam berlalu lintas saudara tidak menjadi korban,” imbuhnya.

Kapolda menambahkan hari ini kita menampilkan budaya adat Papua badan indonesia termasuk hari ini akan kita tampilkan penyanyi komedian Yewen, Siti Badriah, Duo Serigala.

Sadarlah bahwasanya bukan kita saja yang menggunakan jalan lalu lintas akan tetapi seluruh masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, Pangdam , Danlanud serta seluruh peserta yang meramaikan millenial road safety festival. Selamat menikmati, kami mohon maaf apabila dari panitia kurang berkenan tapi ini yang terbaik bisa kita lakukan untuk tanah Papua dan Indonesia,” tandas Kapolda Papua.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur, Ani Rumbiak menyampaikan permintaan maaf Gubernur yang sedianya hadir akan tetapi tidak bisa hadir dikarenakan ada keperluan.

Pemerintah Provinsi Papua siap mensukseskan dalam rangkaian millenial safety road festival yang dilakukan oleh Kapolda Papua dan hari ini merupakan acara puncak yang mana diramaikan oleh seluruh berbagai lapisan masyarakat.

Dalam festival ini ditampilkan berbagai macam adat budaya kearifan lokal, atas nama pemerintah mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya millenial road safety festival.

“Kegiatan ini tidak hanya dilakukan secara seremonial saja akan tetapi mampu mencegah terjadinya kecelakaan sehingga menjadi pelopor kaum millenial untuk taat dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Ia menambahkan, diiharapkan dengan kegiatan ini angka kecelakaan yang terjadi di Papua bisa dicegah yang mana sebanyak 35 ribu telah menjadi korban kecelakaan terutama dialami oleh para pemuda millenial.

Dalam kesepatan terebut, Viktor Merani mewakili warga Millenial mengatakan, hari merupakan kegiatan yang sungguh luar biasa yang diadakan oleh Polda Papua.

Dimana sebanyak 75 ribu warga Millenial yang ada di 3 Kabupaten/Kota dapat hadir untuk meramaikan acara ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga diharapkan dengan kegiatan ini warga masyarakat khususnya para pengguna jalan raya untuk lebih tertib berlalu lintas dijalan raya,” ungkap Viktor.

Selain itu, juga ada pembagian doorprice dengan hadiah utama sepeda motor dan juga ada playanan kesehatan bagi masyarakat umum. (jul)

LEAVE A REPLY