JAYAPURA (PT) – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke 104 Kodim 1708/Biak Numfor memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi warga Desa Makmakerbo, Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor, Senin (11/3).

Tim yang terjun langsung kelokasi TMMD diantaranya yang memiliki kewajiban mendukung pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi personel Satgas guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan TMMD.

“Selain melaksanakan tugas pokoknya, tim itu melakukan pengobatan kepada masyarakat baik dilakukan di posko, TMMD maupun mendatangi langsung ke rumah pasien yang menderita sakit,” kata Dandim 1708/BN, Letkol Inf Ricardo Siregar SH, M.Tr (Han).

Diakui Dandim, kegiatan itu terlaksana atas dasar kepedulian terhadap sesama dan rasa kekeluargaan yang terjalin antara personel Satgas TMMD dengan masyarakat sekitar.

Serda Mahdan tim kesehatan yang tergabung dalam satgas TMMD ke 104 memberikan pelayanan pengobatan gratis terhadap anggota TNI maupun warga setempat.

Nampak terlihat Serda Mahdan sedang memeriksa warga Desa Makmakerbo yang datang ke Posko TMMD untuk meminta tolong mengecek kondisi kesehatannya, lantaran mengalami pusing dan tidak enak badan.

Disisi lain, Kapten Inf Yoyok Sudianto, Perwira Seksi Teritorial Kodim 1708/BN selaku koordinator yang membidangi tentang kegiatan TMMD ke 104 tahun 2019 menambahkan, sasaran program yang dilaksanakan dalam TMMD ini, meliputi kegiatan fisik berupa membangun infrastruktur 10 unit rumah warga.

“Selain itu ada sasaran non fisik yang terdiri dari beberapa penyuluhan dan sosialisasi dari berbagai dinas terkait dari pemerintah daerah yang diberikan kepada masyarakat dan memberikan fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga,” kata Kapten Yoyok Sudianto.

Ia berharap masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan dapat diupayakan pengobatan dengan segera, upaya ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian Satgas TMMD terhadap warga sekitar pada bidang kesehatan. (jul/rm)

LEAVE A REPLY