JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Provinsi Papua Gerius One Yoman menegaskan, perlu ada sinkronisasi anggaran untuk memperbaiki ruas jalan yang mengalami kerusakan, akibat bencana alam, seperti banjir, longsor dan lain-lain.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Gerius One Yoman terkait Pemkot Jayapura mengalami kekurangan dana dari Rp 4 miliar mereka baru menyanggupi Rp 1,2 miliar untuk memperbaiki jalan yang putus di depan Kantor Walikota Jayapura.

Gerius Yoman mengatakan, jika ibukota Provinsi ini dinilai orang ingin maju, maka membutuhkan sinergitas pembahasan APBD dari awal, karena ruas-ruas jalan ini sudah ditetapkan oleh aturan.

Dikatakan, jika musibah bencana seperti ini sebaiknya ada langkah atau kebijakan agar bisa mensinkronkan anggaran, seperti menyurati badan-badan anggaran.

“Musibah itu siapapun tak tahu dia tak punya perencanaan,” katanya.

Karena itu, ujarnya, Dinas PUPR Papua maupun Balai Besar Jalan Nasional tak bisa membantu, karena memang ruasnya Walikota tak bisa sembarang masuk. Semua ruas di titik-titik ditentukan oleh aturan.

Dinas PUPR Papua tengah merencanakan perbaikan jalan menuju Angkasa dan Dok IX, kata Gerius, pihaknya tengah menyurati pemangku kepentingan untuk membantu memback up Pemprov Papua.(rm)

LEAVE A REPLY